Ramuan Jahe, Obat Ampuh Sembuhkan Diare
berita
Ramuan Jahe/ Net
06 January 2020 16:45
Watyutink.com – Salah satu penyakit yang sering muncul saat banjir adalah diare. Luapan air kotor dan makanan yang terkontaminasi bakteri menyebabkan penyakit diare lebih cepat berkembang biak. Terlebih kondisi rumah atau wilayah yang terkena banjir cenderung kotor. Hal ini juga turut mempermudah bakteri penyebab diare menyebar.

Seringkali untuk mengatasi diare kita mengonsumsi obat-obatan kimia. Padahal sebenarnya untuk mengatasi penyakit yang menyerang organ pencernaan ini kita bisa memanfaatkan bahan alami atau herbal, salah satunya adalah jahe.

Tahukah Anda, apa manfaat jahe untuk menyembuhkan diare?

Jahe sudah lama dikenal sebagai obat alami utuk mengatasi diare serta gangguan pencernaan lainnya. Efek hangat yang ditimbulkan jahe diyakini dapat menyebabkan perut menjadi nyaman. Hal inilah yang menyebabkan jahe ampuh digunakan mengatasi gangguan pencernaan seperti diare.

Jahe juga memiliki sifat anti radang, antibakteri, dan analgesik yang dapat membantu menyembuhkan diare. Sedangkan sifat antioksidan pada jahe dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

Jahe diketahui memiliki sifat anti diare yang berasal dari zat fitokimia. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan jahe dapat melawan bakteri listeria dan E-Coli. Jahe juga bermanfaat memblokir racun akibat bakteri penyebab diare. Selain itu jahe dapat mencegah cairan menumpuk dalam usus dan mencegah mual, muntah, dan kejang perut.

Efek menghangatkan dalam jahe bisa mencegah seseorang menggigil saat terkena infeksi. Hal ini akibat zat kimia yang terkandung dalam jahe mampu melawan bakteri penyebab infeksi. Zat kimia dalam jahe juga dapat mempengaruhi otak dan sistem saraf untuk mengendalikan rasa mual. Kejang otot di saluran pencernaan bagian bawah bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jahe.

Untuk mengobati diare menggunakan jahe caranya cukup mudah. Ambil jahe seukuran ibu jari orang dewasa, cuci hingga bersih. Parut jahe tersebut lalu seduh dengan 200 mililiter air panas. Bisa juga dengan merebus parutan jahe selama dua menit.

Saring air seduhan parutan jahe, biarkan hingga hangat. Tambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa. Minum selagi hangat.

Sedangkan ampas jahe bisa digunaka untuk mengompres perut. Caranya dengan meletakkan ampas jahe di pusar. Cara ini diyakini bisa menyembuhkan perut kembung dan mual. Akan lebih baik jika disertai dengan memperbanyak minum air putih hangat untuk mencegah dehidrasi. Bisa juga ditambah mengonsumsi madu dan kurma untuk memulihkan energi yang terbuang.

Jahe juga bisa dicampur dengan minuman lainnya, seperti teh. Caranya dengan memotong jahe kecil-kecil dan dimasukkan dalam secangkir teh hangat. Potongan jahe juga bisa dicampurkan dalam berbagai menu masakan.

Selain mengatasi diare, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan gangguan pendarahan, diabetes, penyakit batu empedu dan memperbaiki kondisi jantung. Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Namun jahe disarankan tidak dikonsumsi wanita hamil dan menyusui. Efek panas dan pedas dari jahe dikhawatirkan membahayakan bagi janin dalam kandungan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)