Rebusan Daun Sukun Dapat Menyembuhkan Asam Urat, Diabetes dan Menyehatkan Jantung
berita

19 February 2019 16:25
Watyutink.com - Selama ini kita mengenal pohon Sukun hanya dari buahnya. Diolah sebagai gorengan, kripik, atau makanan ringan lainnya, buah sukun sering menjadi teman minum teh atau kopi. Tapi, siapa sangka ternyata bukan hanya buahnya yang bisa diolah, daun sukun pun bisa dimanfaatkan menjadi aneka obat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat daun sukun dan bagaimana cara mengolahnya?

Daun sukun diketahui mengandung asetikolan, tanin, asam hidrosianat, antiradang dan riboflavin. Itulah sebabnya daun sukun, terutama yang sudah kering dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, salah satuya sebagai obat asam urat.  Selain itu, daun sukun kering juga memiliki kandungan antioksidan tinggi dan beberapa jenis mineral lainnya yang sangat berguna untuk tubuh dalam menangkal radikal bebas.

Rebus daun sukun kering dalam lima gelas air sampai mendidih dan biarkan sampai dingin. Bisa juga ditambahkan madu atau gula agar rasanya lebih enak. Disarankan untuk menggunakan gula batu dan madu alami. Jika rutin dikonsumsi dua kali sehari maka kadar asam urat bisa turun dan mencegahnya kambuh lagi.

Selain itu rebusan air daun sukun juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Kandungan sitosterol dan flavonoid dalam daun sukun kering diyakini bemanfaat bagi kesehatan dan menyehatkan kembali sistem kardiovaskular.

Ambil tiga lembar daun sukun rebus dengan satu liter air. Didihkan hingga airnya tinggal setengahnya dan biarkan hingga dingin. Jika diminum secara rutin, rebusan daun sukun dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah dan tingkat kolesterol. Sehingga rebusan daun sukun bermanfaat bagi penderita diabetes, gangguan ginjal serta menyehatkan jantung.

Penyakit hati atau liver juga bisa diatasi menggunakan olahan daun sukun kering. Caranya pun sama, rebus daun sukun kering dengan sekitar 250 hingga 300 mililiter air hingga menjadi berwarna merah tua. Biarkan hingga dingin dan konsumsi secara rutin dua kali sehari.

Selain untuk diminum, daun sukun kering juga bisa diolah menjadi obat oles untuk penyakit kulit. Tumbuk daun sukun kering hingga halus lalu dicampur dengan minyak esensial yang aman bagi kulit. Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang bermasalahUntuk kasus eksim basah maupun eksim kering dapat Anda atasi dengan pengolahan seperti ini demi menjadikan daun sukun kering sebagai obat oles atau lulur alami.

Seperti halnya tanaman herbal lainnya, pilihlah daun sukun yang segar, bersih, dan tidak bolong atau cacat. Cuci dengan air bersih yang mengalir lalu jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

Hindari merebuh menggunakan panci aluminium untuk mencegah munculnya reaksi yang membahayakan. Lebih baik gunakan panci stainless steel atau gerabah berbahan tanah liat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

M. Rizal Taufikurahman, Dr.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter             Perkuat Industri Karet, Furnitur, Elektronik Hadapi Resesi             Skala Krisis Mendatang Lebih Besar dari 1998