Redakan Insomnia dan Hipertensi dengan Rebusan Daun Pandan
berita
Sumber Foto : istimewa
08 June 2021 15:45
Watyutink.com - Insomnia adalah gangguan kesehatan yang sangat menjengkelkan. Pasalnya penderita insomnia akan mengalami kesulitan saat ingin tidur. Bukan hanya disiang hari tapi juga malam hari. Bahkan penderita insomnia parah bisa tidak tidur hingga beberapa hari. 

Padahal tidur mempunyai fungsi yang sangat penting. Tubuh memerlukan tidur untuk mengistirahatkan organ-organ di dalamnya. Tidur juga berfungsi untuk mengembalikan kebugaran. Itulah sebabnya tidur sangat diperlukan dalam kehidupan manusia.

Bagi sebagian orang tidur adalah kegiatan yang mudah. Tapi hal itu tidak bagi penderita insomnia. Penderita insomnia sering terjaga semalaman bahkan lebih. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan teranggu saat beraktivitas.

Selama ini penderita insomnia menggunakan obat-obat kimia untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut. Padahal sebetulnya insomnia bisa diatasi menggunakan bahan alami.

Tahukah Anda ternyata daun pandan bisa digunakan sebagai obat insomnia?

Pandan wangi mempunyai nama latin Pandanus Amaryllifolius Roxb. Tumbuhan ini banyak tumbuh di halaman rumah terutama di tempat teduh dan lembab. Selama ini daun pandan kerap digunakan untuk membuat kue atau masakan.

Para ahli kesehatan herbal menyebut daun beraroma harum ini mengandung beragam zat kimia, seperti alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, polifenol, dan zat warna. Zat inilah yang membuat pandan bermanfaat untuk kesehatan, seperti mengatasi insomnia.

Selain itu daun pandan wangi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya ramuan daun pandan juga sangat baik dikonsumsi penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Rutin mengonsumsi ramuan daun pandan diyakini dapat mengontrol tekanan darah tetap stabil.

Daun pandan wangi diketahui dapat menimbulkan efek rileks dan menenangkan. Hal akan membuat saraf menjadi lebih tenang dan mengurangi ketegangan. Saat saraf menjadi tenang, tekanan darah pun menjadi tenang dan tidak mendadak naik.

Sedangkan bagi penderita penyakit insomnia, efek tenang yang ditimbulkan daun pandan akan membuatnya rileks sehingga mudah tertidur. Lantaran tidak mengandung bahan kimia, ramuan daun pandan lebih aman untuk dikonsumsi. Pasalnya daun pandan tidak menimbulkan efek samping.

Selain untuk hipertensi dan insomnia, ramuan daun pandan juga dapat digunakan dalam mengobati rematik dan lemah syaraf.

Untuk membuat ramuan daun pandan, caranya sangat mudah. Ambil lima hingga 10 lembar daun pandan, dicuci bersih. Potong dengan ukuran tiga atau lima sentimeter. Rebus dengan empat gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya.

Setelah hangat, minum ramuan tersebut pada pagi dan malam hari. Bisa juga dengan menambahkan madu atau jahe untuk menambah rasa.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF