Rokok Dapat Sebabkan Penyumbatan Paru-paru
berita
Sumber Foto : hairdesign2015.com
05 January 2019 15:30
Watyutink.com – Jumlah perokok semakin hari semakin bertambah banyak. Padahal informasi tentang bahaya rokok bagi kesehatan sudah sangat banyak. Ajakan berhenti merokok pun sudah sering dilakukan, baik melalui poster atau iklan layanan lainnya. Anehnya, masih banyak yang tidak percaya bahwa rokok adalah benda berbahaya.

Tahukah Anda, kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyumbatan paru-paru

Jika sampai saat ini Anda masih menjadi perokok aktif, bisa jadi Anda terserang penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) yaitu kerusakan paru akibat penyumbatan di dalamnya. Berbagai riset mengatakan, semakin sering seseorang merokok maka semakin tinggi pula peluangnya untuk terserang PPOK. Bahkan 38,7 persen pasien PPOK adalah perokok aktif.

Pada awalnya zat-zat beracun dari rokok akan terhirup dan masuk ke dalam saluran pernapasan hingga paru. Hal ini menyebabkan peradangan pada paru. Jika terjadi dalam waktu yang lama, akan menyebabkan jaringan paru rusak, saluran napas menyempit, dan produksi lendir berlebihan. Kondisi ini menyebabkan Anda mengalami sesak nafas.

Banyaknya produksi lendir di dalam saluran napas, akan membuat Anda mengalami batuk kronis disertai dahak. Jika dibiarkan akan terjadi kerusakan permanen dan berakibat paru-paru tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menjadi penyebab Anda kecanduan. Efek ketagihan dari nikotin sama parahnya dengan efek ketagihan narkoba seperti heroin dan kokain. Berdasarkan riset yang dilakukan WHO, saat menghirup sebatang rokok selama tujuh detik, kandungan nikotin akan masuk ke dalam otak. Selanjutnya, nikotin akan menstimulasi sistem dopaminergik pada otak yang menghasilkan perasaan senang dan tenang. Efek inilah yang menyebabkan seseorang ketagihan rokok.

Padahal menurut WHO rokok membawa dampak buruk seperti depresi, insomnia, frustasi, mudah marah, dan cemas. Selain itu ketagihan nikotin menyebabkan sulit konsentrasi, susah istirahat, penurunan denyut jantung dan peningkatan nafsu makan.

Bahaya rokok ternyata bukan hanya dirasakan penghisapnya. Tapi juga merugikan orang disekitarnya. Perokok pasif yang terpapar asap rokok akan mengalami berbagai hal negatif seperti yang dialami perokok. Gejala dan akibanya pun sama.

Jadi jika Anda menyayangi diri sendiri, keluarga, dan orang disekitar Anda, segera hentikan merokok!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter