Rokok, Penyebab Utama Kematian
berita
Sumber Foto : twitter.com (gie/watyutink.com)
15 November 2018 17:25
Anda suka merokok? Masih suka merokok dan enggan berhenti? Merokok memang mengasyikan. Selain menimbulkan ketenangan, merokok membangkitkan semangat. Namun semua itu baru sebatas mitos tanpa ada bukti ilmiah.  

Tapi tahukah Anda, merokok adalah penyebab kematian terbesar di dunia, selain tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan kelebihan berat badan.

Dari laman ABC Indonesia diperoleh data, dari sekitar  56 juta kematian setiap tahunnya, separuh dari diantaranya disebabkan oleh empat faktor di atas. Rokok menyumbang 7,1 juta kematian setiap tahunnya atau sekitar  12 persen dari seluruh kematian di dunia. 

Bagi pria, rokok menjadi faktor utama penyebab kematian diikuti tekanan darah tinggi dan tingkat gula darah tinggi. Sedangkan bagi wanita penyebab utamanya adalah tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kelebihan berat badan, barulah rokok.

Jadi, masikah Anda merokok?

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir