Rokok, Penyebab Utama Kematian
berita
Sumber Foto : twitter.com (gie/watyutink.com)
15 November 2018 17:25
Anda suka merokok? Masih suka merokok dan enggan berhenti? Merokok memang mengasyikan. Selain menimbulkan ketenangan, merokok membangkitkan semangat. Namun semua itu baru sebatas mitos tanpa ada bukti ilmiah.  

Tapi tahukah Anda, merokok adalah penyebab kematian terbesar di dunia, selain tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan kelebihan berat badan.

Dari laman ABC Indonesia diperoleh data, dari sekitar  56 juta kematian setiap tahunnya, separuh dari diantaranya disebabkan oleh empat faktor di atas. Rokok menyumbang 7,1 juta kematian setiap tahunnya atau sekitar  12 persen dari seluruh kematian di dunia. 

Bagi pria, rokok menjadi faktor utama penyebab kematian diikuti tekanan darah tinggi dan tingkat gula darah tinggi. Sedangkan bagi wanita penyebab utamanya adalah tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kelebihan berat badan, barulah rokok.

Jadi, masikah Anda merokok?

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting