Rutin Minum Air Asam Jawa bisa Sehatkan Jantung, Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan
berita
Sumber Foto : lifealth.com
09 February 2019 16:55
Watyutink.com - Asam jawa sudah lama dikenal sebagai bahan untuk membuat jamu, selain untuk bumbu masakan. Beberapa olahan jamu tradisional seperti kunyit asam sudah lama digunakan untuk membantu kebugaran tubuh. Rasanya yang segar pun banyak disukai orang.

Tahukah Anda, apa saja manfaat asam jawa bagi kesehatan?

Asam jawa ternyata bukan berasal dari pulau Jawa. Tanaman yang bernama tamarind ini merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari India. Para ahli kesehatan mengatakan asam jawa banyak mengandung nutrisi seperti vitamin A, B, C, E, K, kalsium, zat besi, seng, kalium, magnesium, dan fosfor. Selain itu asam jawa juga mengandung banyak antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Air asam jawa dipercaya meningkatkan metabolisme tubuh.  Kandungan asam hidrosi-sitrat dalam asam jawa dapat mengurangi  pembentukan lemak dalam tubuh. Minum air asam jawa secara rutin diyakini dapat menurunkan berat badan.

Sedangkan zat niasin dalam asam jawa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL  atau koleterol jahat hingga 50 persen. Asam jawa juga dapat membantu menurunkan proses oksidasi kolesterol yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Itulah sebabnya mengkonsumsi air putih yang dicampur asam jawa dapat mencegah serangan jantung koroner.

Asam jawa juga kaya akan serat yang dapat membantu menyerap garam empedu yang dihasilkan oleh kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Asam jawa juga membantu produksi insulin yang berguna untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah. Kandungan zat tannin dalam asam jawa dapat menghambat proses oksidasi dan mencegah terjadinya kerusakan dalam pankreas.

Jika Anda mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, kembung dan kram perut, cobalah  minum segelas air asam jawa setiap pagi. Pasalnya asam jawa memiliki sifat diuretik ringan yang dapat menyehatkan pencernaan.  Asam jawa juga  mengandung berbagai zat yang memiliki efek laksatif atau pencahar, serta melawan jamur dan bakteri tertentu.

Kandungan serat, vitamin B dan C, serta enzim yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit. Itulah sebabnya asam jawa ampuh untuk mengatasi masalah kulit termasuk kulit wajah seperti jerawat.

Untuk bisa mendapatkan manfaat asam jawa tidak terlalu sulit. Cukup dengan mencampurkannya ke dalam segelas air putih dan rutin mengkonsumsinya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter