Saat Terjadi Wabah Penyakit Jauhi Makanan dan Minuman Ini, Bisa Turunkan Fungsi Kekebalan Tubuh
berita
Kopi dan Gorengan
16 March 2020 16:50
Watyutink.com – Saat adanya wabah penyakit, sangat penting bagi kita menjaga kondisi tubuh. Salah satunya dengan selalu menjaga kekebalan tubuh. Pasalnya kekebalan tubuh atau sistem imun berfungsi melindungi tubuh dari paparan virus atau bakteri penyebab penyakit. Itulah sebabnya sistem imun harus selalu ditingkatkan guna menghindari terjangkit virus penyakit, termasuk corona.

Namun sistem imun tubuh manusia bisa turun tanpa disadari. Umumnya hal itu disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Pasalnya beberapa makanan diketahui justu menjadi penyebab penurunan sistem kekebalan tubuh.

Tahukah Anda, apa saja makanan yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah sekumpulan jaringan, yang terdiri dri protein, sel, dan organ tubuh tertentu yang secara bersama-sama bekerja melindungi tubuh dari serangan penyakit. Terutama penyakit yang bersumber dari mikroorganisme jahat, seperti bakteri, virus, kuman dan pemicu lainnya.

Dalam bahasa sederhana, sistem imun akan membentuk barikade atau pagar saat ada mikroorganisme berbahaya menyerang tubuh. Selanjutnya sistem imun akan mengirimkan informasi ke limfosit untuk memproduksi antibodi untuk melawan antigen, pemicu penyakit. Nantinya limfosit akan bekerja menghancurkan antigen tersebut.

Antibodi akan terus bersemayam dalam tubuh selama beberapa saat guna mencegah antigen atau pemicu penyakit tiba-tiba muncul kembali. Itulah sebabnya sistem imun yang memproduksi antibodi harus senantiasa dijaga. Sehingga bisa selalu bekerja setiap saat.

Konsumsi makanan dan minuman harus selalu diperhatikan. Pasalnya beberapa makanan dan minuman justru memicu penurunan fungsi sistem imun. Salah satunya adalah gorengan atau makanan yang dimasak secara digoreng. Dikutip dari Boldsky, gorengan diketahui kaya lemak dan meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu gorengan bisa meningkatkan inflamasi dalam tubuh yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Itulah sebabnya untuk memperkuat sistem imun, terutama saat terjadi wabah penyakit, gorengan sebagaiknya dihindari.

Daging merah adalah makanan lain yang sebaiknya dihindari, jika ingin sistem kekebalan tubuh tidak menurun. Laman foodbeast.com mengatakan molekul gula yang terdapat dalam daging merah, seperti daging sapi, domba, dan babi bisa memicu inflamasi. Molekul gula dalam daging merah juga bisa menjadi pemicu penyakit-penyakit kronis, seperti kanker.

Makanan olahan, seperti junk food dan makanan cepat saji lainnya juga sebaiknya dihindari. Pasalnya makanan tersebut juga bisa memicu terjadinya inflamasi dalam tubuh. Selain itu makanan olahan dan junk food juga bisa menurunkan kendali terhadap serangan infeksi. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji juga dapat memicu serangan kanker.

Selain makanan, beberapa minuman juga bisa menyebabkan penurunan fungsi sistem imun. Kopi adalah salah satunya. Pasalnya miuman berkafein ini bisa memicu kenaikan kadar gula darah. Selain itu kopi juga berisiko meningkatkan kolesterol dan trigliserida. Kedua zat tersebut diketahui bisa menekan sistem kekebalan tubuh.

Minuman bersoda juga juga sebaiknya dihindari. Reader’s Digest menuliskan, soda mengandung asam fosfor yang bisa ‘memakan’ kalsium dan magnesium dalam tubuh. Padahal kedua mineral itu sangat penting dalam membantu fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.

Minuman beralkohol juga bisa menyebabkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh. Bahkan hanya dibutuhkan waktu 20 menit bagi alkohol untuk merusak sistem imun.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)