Salah Kaprah tentang Sepeda Onthel
berita
Sumber Foto : sepedaonthel.com
22 December 2018 16:10
Watyutink.com - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Sepeda Onthel, jenis sepeda yang identik dengan sepeda tua. Itulah sebabnya dalam berbagai kesempatan sepeda onthel selalu tampil dengan dandanan ala tempo doeloe. Penunggangnya pun selalu tampil dengan kostum masa lampau.

Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya arti dari kata Onthel?

Kata “Onthel” sebenarnya diambil dari bahasa Jawa yang berarti kayuh atau gowes. Maka sesungguhnya yang dimaksud dengan sepeda onthel  adalah semua sepeda yang bergerak dengan cara dikayuh. Hal ini untuk membedakan dengan sepeda motor yang digerakkan dengan motor atau mesin.

Seharusnya semua sepeda yang digowes adalah sepeda onthel, tidak peduli berupa sepeda gunung, sepeda balap, sepeda fixie, sepeda mini, atau BMX.

Sedangkan yang sekarang dikenal dengan sepeda onthel sebenarnya adalah sepeda kebo. Ada pula yang menyebutnya sepeda unta atau sepeda kumbang. Bentuknya mirip dengan jenis sepeda jengki, namun berbeda bentuk stangnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir