Salah Kaprah tentang Sepeda Onthel
berita
Sumber Foto : sepedaonthel.com
22 December 2018 16:10
Watyutink.com - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Sepeda Onthel, jenis sepeda yang identik dengan sepeda tua. Itulah sebabnya dalam berbagai kesempatan sepeda onthel selalu tampil dengan dandanan ala tempo doeloe. Penunggangnya pun selalu tampil dengan kostum masa lampau.

Tapi tahukah Anda, apa sebenarnya arti dari kata Onthel?

Kata “Onthel” sebenarnya diambil dari bahasa Jawa yang berarti kayuh atau gowes. Maka sesungguhnya yang dimaksud dengan sepeda onthel  adalah semua sepeda yang bergerak dengan cara dikayuh. Hal ini untuk membedakan dengan sepeda motor yang digerakkan dengan motor atau mesin.

Seharusnya semua sepeda yang digowes adalah sepeda onthel, tidak peduli berupa sepeda gunung, sepeda balap, sepeda fixie, sepeda mini, atau BMX.

Sedangkan yang sekarang dikenal dengan sepeda onthel sebenarnya adalah sepeda kebo. Ada pula yang menyebutnya sepeda unta atau sepeda kumbang. Bentuknya mirip dengan jenis sepeda jengki, namun berbeda bentuk stangnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting