Sansekerta, Bahasa Tertua di Dunia
berita
Sumber Foto : linguistikid.com
13 December 2018 17:00
Watyutink.com - Rasanya tidak mungkin kita hidup tanpa bahasa. Bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan orang lain jika tidak ada bahasa.

Tahukah Anda, apa bahasa tertua di dunia?

Bisa jadi usia bahasa sama tuanya dengan usia manusia. Sebab tidak mungkin manusia hidup tanpa bahasa. Itulah sebabnya sulit memastikan apa bahasa tertua di dunia.

Namun para ahli sejarah mencoba menggali bahasa apa yang layak disebut sebagai bahasa tertua. Hasilnya, para ahli menetapkan Bahasa Sansekerta sebagai bahasa tertua di dunia mengalahkan bahasa Sumeria, ibrani dan Basque.

Dasar penetapan itu adalah adanya catatan tertulis yang ditemukan menggunakan bahasa Sansekerta. Kitab Weda Kuno yang diperkirakan ditulis pada 2000 tahun sebelum Masehi ditulis menggunakan bahasa Sansekerta.  

Bisa jadi memang ada bahasa lain yang lebih dulu ada daripada Sansekerta. Namun bahasa-bahasa tersebut adalah bahasa ucapan atau lisan. Para ahli belum pernah menemukan bahasa lain dalam bentuk tertulis yang lebih tua daripada Sansekerta.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi