Sansekerta, Bahasa Tertua di Dunia
berita
Sumber Foto : linguistikid.com
13 December 2018 17:00
Watyutink.com - Rasanya tidak mungkin kita hidup tanpa bahasa. Bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan orang lain jika tidak ada bahasa.

Tahukah Anda, apa bahasa tertua di dunia?

Bisa jadi usia bahasa sama tuanya dengan usia manusia. Sebab tidak mungkin manusia hidup tanpa bahasa. Itulah sebabnya sulit memastikan apa bahasa tertua di dunia.

Namun para ahli sejarah mencoba menggali bahasa apa yang layak disebut sebagai bahasa tertua. Hasilnya, para ahli menetapkan Bahasa Sansekerta sebagai bahasa tertua di dunia mengalahkan bahasa Sumeria, ibrani dan Basque.

Dasar penetapan itu adalah adanya catatan tertulis yang ditemukan menggunakan bahasa Sansekerta. Kitab Weda Kuno yang diperkirakan ditulis pada 2000 tahun sebelum Masehi ditulis menggunakan bahasa Sansekerta.  

Bisa jadi memang ada bahasa lain yang lebih dulu ada daripada Sansekerta. Namun bahasa-bahasa tersebut adalah bahasa ucapan atau lisan. Para ahli belum pernah menemukan bahasa lain dalam bentuk tertulis yang lebih tua daripada Sansekerta.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir