Seampuh Buahnya, Daun Mengkudu juga Berkhasiat Menyehatkan Jantung dan Mencegah Kanker
berita

01 March 2019 16:40
Watyutink.com - Selama ini kita sudah mengenal manfaat buah mengkudu sebagai obat yang ampuh mengatasi berbagai penyakit, seperti pilek, sakit kepala, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, penyakit jantung, psoriasis, HIV, dan kanker.

Namun tak banyak yang mengatahui bahwa selain buahnya, daun mengkudu pun ampuh dijadikan obat. Para ahli mengakui, daun mengkudu adalah  obat herbal yang telah terbukti memiliki segudang manfaat kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun mengkudu dan bagaimana cara mengolahnya?

Salah satu manfaat daun mengkudu adalah mencegah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh menyempitnya pembuluh nadi. Kondisi yang disebut aterosklerosis ini jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri lainnya. Daun mengkudu yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi diyakini bisa mencegah penyempitan pembuluh nadi atau aterosklerosis.

Daun mengkudu juga bisa mengatasi peradangan. Kandungan anti inflamasi yang terdapat pada daun mengkudu bisa membasmi bakteri dan virus penyebab peradangan. Sehingga peradangan menjai lebih mudah disembuhkan.

Daun mengkudu dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan scopoletin dan fitonutrein yang sangat tinggi dalam daun ini dapat mencegah pembuluh darah mengalami penyempitan yang menghambat aliran darah.

Daun mengkudu ternyata juga memiliki kandungan anti kanker yang dapat menghambat pertumbuhan sel penyakit berbahaya ini. Untuk mendapatkan manfaatnya, daun tanaman ini bisa diolah menjadi teh daun mengkudu. Rutin mengkonsumsi teh daun mengkudu, diyakini bisa mencegah timbulnya sel kanker.

Jika Anda mengalami masalah dengan pencernaan, daun mengkudu bisa menjadi alternatif. Pasalnya daun mengkudu dapat menstimulasi serotonin ke otak yang berfungsi untuk mengatur dan menjaga sistem pencernaan.

Rutin minum rebusan daun mengkudu juga dapat menyehatkan kulit. Kandungan antioksidan tinggi dalam daun mengkudu dapat menjadikan kulit lebih sehat, kenyal dan awet muda. Bahkan, dengan mengonsumsi daun mengkudu secara rutin dan teratur bisa menjadikan Anda terbebas dari penuaan dini.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter