Sehat Dan Gampang Dicari, Makanan Ini Mampu Menurunkan Gejala Asam Lambung
berita
Sumber Foto : halodoc.com
23 May 2019 16:20
Watyutink.com - Penyakit asam lambung atau maag, merupakan salah satu penyakit lambung yang terjadi akibat dari beberapa hal, yaitu dari mulai kurang kontrolnya asupan makanan, stress atau mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Gejala asam lambung yang dirasakan seperti sensasi terbakar di bagian dada atau nyeri pada ulu hati, sehingga kita merasa tidak nyaman mengonsumsi makanan. Penyakit asam lambung termasuk gangguan pencernaan yang banyak diderita oleh semua kalangan dari mulai orang tua, dewasa hingga anak-anak.

Tahukah Anda, makanan  yang baik dikonsumsi saat asam lambung kambuh (naik)?

Makanan sehat yang cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung salah satunya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau memiliki kandungan tinggi serat dan baik untuk kesehatan tubuh. Untuk penderita asam lambung dianjurkan mengonsumsi sayuran hijau seperti selada, buncis, asparagus, timun, hingga brokoli. Jenis sayuran ini sangat menyehatkan bagi saluran pencernaan tubuh, sehingga jika dikonsumsi secara teratur akan mengurangi risiko kambuhnya asam lambung.

Selain sayuran, Oatmeal juga mampu mengurangi risiko asam lambung, karena oatmeal merupakan makanan kaya serat yang mampu mengatasi gejala asam lambung. Oatmeal memiliki tingkat keasaman yang rendah yang mampu menyerap asam lambung jika sedang naik. Saat mengonsumsi oatmeal, hal ini akan memberikan efek penurunan gejala refluks asam lambung.

Tak hanya itu saja, daging tanpa lemak juga sangat baik dikonsumsi oleh siapapun, termasuk bagi penderita asam lambung. Penderita asam lambung tidak dianjurkan mengonsumsi daging berlemak tinggi apalagi yang diolah dengan cara digoreng hingga menimbulkan banyak minyak. Daging yang dianjurkan adalah seperti daging ikan salmon, daging dada ayam tanpa kulit. Cara memasaknya pun ada banyak pilihan, seperti dikukus, dibakar, dan direbus.

Selain itu, penderita asam lambung juga sangat dianjurkan mengonsumsi roti gandum saat sarapan. Menurut pakar kesehatan, roti gandum banyak mengandung vitamin, serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung. Jika mengonsumsi roti gandum dengan teratur bisa menurunkan gejala asam lambung yang Anda alami. (lien)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI

FOLLOW US

Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja             Stop Bakar Uang, Ciptakan Profit             Potensi Korupsi di Sektor Migas