Sejarah Hari Ini: Mantan Presiden Gus Dur Meninggal Dunia
berita
Gus Dur/ Net
30 December 2020 10:22
Watyutink.com - Hari ini 30 Desember menjadi salah satu hari berkabung yang akan dikenang. Pasalnya 11 tahun lalu atau 30 Desember 2020, Presiden keempat Republik Indonesia (RI) Abdurrahman Wahid tutup usia. Pria yang akrab disapa Gus Dur ini meninggal dunia pada usia 69 tahun setelah dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta karena sakit.

Gus Dur lahir di Jombang, Jawa Timur pada 7 September 1940. Ia adalah putra dari KH Wahid Hasyim dan cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim As'ari. Gus Dur menjadi Presiden RI keempat setelah dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) hasil Pemilu 1999. menggantikan BJ Habibie.

Masa pemerintahannya berjalan cukup singkat, hanya sekitar 1 tahun 9 bulan. Mulai dari 20 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001. Gus Dur mengakhiri masa jabatannya setelah dimakzulkan oleh MPR dan digantikan oleh Megawati Soekarnoputri.

Selama memerintah, Gus Dur sangat getol menyerukan toleransi beragama. Selain itu Gus Dur juga kental dengan nilai-nilai humanisme dalam beragama dan bernegara.

Dalam dunia politik, Gus Dur adalah salah pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain itu Gus Dur juga dikenal sebagai salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Bakah Gus Dur selama tiga periode, sejak 1984 hingga 1994 terpilih menjadi Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Biasanya setiap tanggal 30 Desember bertepatan dengan hari wafatnya Gus Dur dilaksanakan acara haul di kediamannya di Ciganjur, Jakarta Selatan. Namun pada tahum ini acara tersebut tidak dilaksanakan lantaran masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dikutip dari situs resmi PBNU, NU Online Haul Gus Dur ke-11 tahun ini akan digelar secara virtual yang siaran langsung dari tiga kota, Jakarta, Yogyakarta, dan Jombang. Tema yang diangkat adalah 'Persatuan dan Solidaritas Satu Negeri Satu Cinta'.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI