Selain Melezatkan Rawon, Kluwek juga bisa Mengobati Rematik, Cacingan, dan Masalah Pencernaan
berita

02 July 2019 17:10
Watyutink.com – Salah satu kuliner khas Indonesia adalah rawon. Makanan berkuah hitam ini terkenal sangat nikmat terutama jika disantap saat masih panas. Kenikmatan dari rawon tak lepas dari salah satu bumbu utamanya, yakni buah kluwek. Ternyata buah berkulit keras ini tidak hanya bermanfaat untuk bumbu masak. Buah kluwek ternyata juga menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah kluwek?

Kluwek adalah tanaman asli Indonesia. Pohon kluwek ini dikenal sebagai pohon serba guna. Pasalnya hampir semua bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, buah, biji, batang, hingga kulit kayunya. Kluwek mempunya banyak nama, seperti pucung, picung, dan kepayang.

Selain untuk bumbu masakan, kluwek juga bisa menjadi obat. Pasalnya kluwek diketahui mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti zat besi, fosfor, kalium, kalsium, vitamin C, dan vitamin B1.

Kandungan beberapa vitamin dan mineral tersebut membuat kluwek bermanfaat untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan, seperti mengatasi penyakit kulit. Penelitian yang dilakukan oleh Diah Irawati Dwi Arini dari Balai Penelitian Kehutanan Manado, kluwek bisa digunakan untuk terapi beberapa penyakit kulit lantaran mengandung dua jenis asam lemak siklik, yakni asam hidnokarpat dan asam khaulmograt. Dua jenis asam lemak ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit kulit, terutama yang disebabkan oleh infeksi.

Selain itu kluwek juga bisa digunakan sebagai obat cacing dan penawar keracunan makanan. Kluwek diketahui mengandung sifat antiseptik dan disinfektan yang dapat mengatasi beberapa jenis cacing, seperti cacing kremi yang banyak bersarang di sistem pencernaan.

Daun dan getah kluwek, terutama daun yang masih muda juga bisa digunakan untuk membersihkan luka bakar. Biji kluwek diyakini juga bisa mempercepat pengeringan luka terbuka atau borok.

Kluwek juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit rematik. Gabungan antara biji dan buah kluwek diyakini dapat digunakan untuk meredakan gejala rematik.

Namun perlu diperhatikan, selain mengandung mineral dan vitamin, kluwek juga mengandung asam sianida, zat yang sangat berbahaya karena bisa menjadi racun bagi tubuh. Itulah sebabnya sebelum digunakan, kluwek harus direndam terlebih dahulu sebelum diolah menjadi masakan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir             Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!