Sembuhkan Asam Urat dengan Konsumsi Apel, Pisang, Ceri dan Jeruk Nipis
berita
Ilustrasi/ Net
05 April 2021 17:00
Watyutink.com – Asam urat adalah penyakit yang sangat dihindari sebagian besar orang. Pasalnya penyakit ini sangat menganggangu. Jika sedang kambuh, asam urat akan menyebabkan penderitanya mengalami nyeri, terutama di tulang dan persendian. Terkadang juga disertai rasa panas seolah terbakar.

Akibatnya penderita asam urat akan kesulitan menggerakkan kaki atau tangannya. Berbagai aktifitas dipastikan bakal terhenti. Jangankan bekerja atau berolah raga, berjalan saja susah jika asam urat menyerang. Itulah sebabnya penderita asam urat akan selalu berusaha menyembuhkan penyakitnya.   

Seringkali penderita asam urat mengandalkan obat-obatan kimia, seperti seperti ibuprofen atau naproxen sodium untuk mengatasinya. Dokter juga kerap meresepkan colchicine untuk menghilangkan rasa sakit akibat asam urat. Padahal sejatinya asam urat bisa disembuhkan dengan mengonsumsi buah-buahan. Cara ini dirasa lebih aman, lantaran buah-buahan lebih alami dan bebas dari campuran bahan kimia.

Tahukah Anda, sebenarnya ada beberapa bahan herbal yang bisa mengatasi asam urat secara alami?

Beberapa buah-buahan diyakini dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Diantaranya adalah jeruk nipis dan ceri. Kadungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat menurunkan asam urat. Selain itu asam sitrat dalam jeruk nipis juga dapat membantu melarutka asam urat secara alami. Mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dua kali sehari diyakini dapat membantu mengatasi asam urat.

Sedangkan buah ceri diketahui mengandung banyak zat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan. Itulah sebabnya rutin mengkonsumsi buah ceri dapat menjadi alternatif untuk mengatasi penyakit asam urat.

Selain jeruk nipis dan ceri, buah strawberry dan blueberry juga ampuh menyembuhkan asam urat. Kedua buah keluarga berry ini mengandung zat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan karena asam urat.

Buah apel juga dipercaya dapat menurunkan asam urat. Beberapa zat yang terkadung dalam buah apel dapat  menetralkan tingginya kadar asam urat dalam darah. Khasiat serupa juga dimiliki oleh cuka apel organik. Kandungan kalium tinggi dalam cuka apel dapat membantu menjaga keseimbangan pH tubuh. Meski bersifat asam, cuka apel justru merangsang pembentukan basa dalam pencernaan. Hal ini bisa menyeimbangkan kadar asam-basa dalam tubuh yang dapat mengurangi penumpukan asam urat.

Pisang dan kentang juga baik untuk menetralkan kadar asam-basa dalam tubuh. Keduanya banyak mengandung kalium yang berguna menjaga kadar keasaman tubuh. Itulah sebabnya rutin mengkonsumsi pisang dan kentang diyakini dapat mengatasi penyakit asam urat.

Tanaman lain yang ampuh mengatasi asam urat adalah seledri. Daun seledri mengandung zat glikosida, apiol dan flavonoid yang dapat mengurangi nyeri di persendian akibat asam urat. Rebus daun seledri yang telah dicuci bersih. Minum secara rutin air rebusan seledri tersebut dan asam urat bisa disembuhkan.

Selain beberapa sayur dan buah tersebut, untuk meredakan asam urat tak lupa disarankan untuk banyak minum air putih. Minum delapan hingga sepuluh gelas air putih setiap hari dapat menjaga kadar urine tetap encer sehingga asam urat tidak menumpuk dan lebih mudah larut.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI