Sering Dianggap Sampah, Kulit Pisang Ternyata Bisa Sehatkan Kulit dan Turunkan Berat Badan
berita

24 January 2020 17:30
Watyutink.com - Selama ini kita selalu membuang kulit pisang. Bahkan ada lagu anak-anak yang liriknya bercerita agar kulit pisang dibuang di tempat sampah. 

Kebiasaan ini tidak bisa disalahkan. Pasalnya banyak orang tidak mengetahui manfaat kulit pisang. Kulit buah berwarna kuning ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, terutama untuk kulit. 

Tahukah Anda, apa manfaat kulit pisang untuk kesehatan? 

Para ahli kesehatan menyebut kulit pisang kaya akan kandungan nutrisi dan mineral. Kandungan tersebut antara lain, antioksidan, vitamin B6, vitamin B12, magnesium, dan kalium. Zat-zat tersebut diyakini membawa pengaruh baik bagi kesehatan dan mengobati masalah kulit. 

Nutrisi dalam kulit pisang mampu meregenerasi sel dan menjadikan kulit lebih sehat. Salah satunya adalah untuk menghilangkan kutil. Caranya dengan menempelkan kulit pisang bagian dalam pada kutil. Diamkan semalaman. Kutil pun akan lenyap. 

Kulit pisang juga ampuh menyembuhkan jerawat. Pasalnya kulit pisang mengandung antibakteri alami, yakni lektin dan seng. Kedua senyawa itu dapat membantu menyembuhkan jerawat lebih cepat. Selain itu juga mencegah munculnya jerawat baru. 

Untuk menyembuhkan jerawat, usahkan kulit pisang bagian dalam ke wajah atau bagian tubuh lainnya yang berjerawat. Biarkan selama lima menit. Jerawat akan mengering dan sembuh. 

Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai pelembab alami. Caranya, haluskan kulit pisang, campurkan dengan satu kuning telur omega. Gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah. Diamkan selama lima menit lalu bilas wajah hingga bersih.

Kulit pisang juga bisa digunakan untuk meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. Selain itu ruam dan bintik merah juga bisa dihilangkan menggunakan kulit pisang. Caranya, tempelkan bagian dalam kulit pisang yang masih segar di area kulit yang digigit nyamuk.

Kulit pisang juga bermanfaat memutihkan gigi. Gosokkan kulit pisang bagian dalam di gigi setiap hari selama sekitar satu menit. Jika rutin dilakukan gigi akan tampak lebih putih secara alami. 

Kulit pisang juga bisa dimakan. Tapi sebelumnya harus dibersihkan terlebih dahulu. Mengonsumsi kulit pisang dengam rutin, menurut penelitian yang pernah dilakukan, dapat menurunkan berat badan. Bahkan hingga dua kilogram setiap bulan. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)