Sering Kesemutan, Pertanda Awal Diabetes
berita
Sumber Foto : hellosehat.com (gie/watyutink.com)
22 October 2018 16:02
Pernahkan Anda menderita kesemutan? Gejalanya bagian tubuh seolah mati rasa atau kebas. Umumnya kesemutan muncul karena duduk terlalu lama atau ada bagian tubuh yang tertindih bagian tubuh yang lain. Sebagian besar orang menganggap kesemutan adalah hal  yang tidak berbahaya. Tapi bagaimana jika kesemutan muncul berulang kali tanpa sebab?

Tahukah Anda, kesemutan muncul berulang tanpa sebab bisa menjadi pertanda adanya penyakit kronis, seperti diabetes. Dalam Buku Pegangan Diabetes karya Bilous dan Donelly disebutkan neuropati diabetikum merupakan salah satu komplikasi diabetes yang gejalanya seperti kebas dan nyeri.

Semenatara itu World Health Organization (WHO) menyebutkan beberapa diabetes, yaitu banyak minum, sering merasa lapar dan banyak makan, serta sering buang air kecil. Jika kondisi tersebut dibarengi kesemutan atau kebas, maka sebaiknya segera memeriksaan kadar gula darah.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting