Susah Tidur, Cobalah Makanan dan Minuman Ini
berita

30 December 2018 17:45
Watyutink.com - Tidur berkualitas sangat penting bagi kesehatan. Selain sarana untuk mengistirahatkan organ tubuh, tidur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kronis, dan membantu sistem pencernaan. Tapi bagaimana dengan orang yan sering mengalami gangguan tidur? 

Tahukah Anda, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu kita tidur lebih nyenyak? 

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan sebelum tidur. Sebab terlalu dekatnya waktu makan dan tidur dapat menyebabkan nyeri ulu hati dan insomnia. Akibatnya tidur menjadi kurang nyenyak. 

Waktu terakhir makan, sebaiknya dua atau tiga jam sebelum tidur. Beberapa makanan dan minuman yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur adalah nasi putih. Kandungan karbohidrat dalam nasi putih bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun tetap dalam jumlah yang tidak berlebihan. 

Mengkonsumsi ikan juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Kandungan omega-3 dan vitamin D dalam ikan diyakini bisa membuat tidur lebih nyaman. 

Kacang almond yang mengandung magnesium juga salah satu makanan yang baik untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Selain itu buah-buahan seperti pisang, jeruk, nanas, dan kiwi juga dapat membantu tidur lebih nyenyak. 

Sedangkan beberapa minuman yang dapat meningkatkan kualitas tidur adalah susu dan teh chamomile. Susu triptophan dan melatonin yang ada pada susu juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Teh chamomile dipercaya dapat membuat tubuh lebih rileks selain juga menyehatkan jantung. 

Meski kita membutuhkan tidur yang berkualitas namun sebaiknya jangan berlebihan. Tidur berlebihan cenderung membuat kita malas beraktivitas. 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi