Susu Kelapa, Minuman yang Bisa Sehatkan Jantung, Kontrol Berat Badan dan Tingkatkan Kekebalan
berita

25 June 2019 10:00
Watyutink.com - Selama ini kita hanya mengenal kedelai sebagai satu-satunya tanaman yang bisa diolah menjadi susu. Biji yang diolah menjadi susu diyakini memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah dengan susu sapi. 

Ternyata tumbuhan yang bisa diolah menjadi susu bukan hanya kedelai. Saat ini sedang populer di masyarakat susu kelapa. Minuman yang biasa disebut santan ini diyakini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Tahukah Anda, apa khasiat susu kelapa bagi kesehatan?

Manfaat pertama dari susu kelapa adalah untuk menjaga berat badan. Susu kelapa diketahui memiliki kandungan lemak sehat. Sebuah penelitian menyebutkan, tidak mengonsumsi makanan berlemak sehat justru menyebabkan gendut. Itulah sebabnya asupan lemak sehat dari susu kelapa dapat menyeimbangkan berat badan.

Susu kelapa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Pasalnya susu kelapa mengandung asam laurat yang merupakan anti mikroba, anti jamur, dan anti virus.  Mengonsumsi susu kelapa dipercaya mampu meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai macam penyakit.

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan juga mengaitkan susu kelapa dengan kesehatan jantung. Susu kelapa diketahui memiliki kandungan asam lemak rantai medium yang mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab penggumpalan dalam pembuluh arteri. Itulah sebabnya susu kelapa disebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

Susu kelapa juga berkhasiat bagi kulit dan rambut. Selain dikonsumsi, santan atau susu kelapa bisa digunakan sebagai masker kulit dan rambut. Kedua bagian tubuh tersebut akan tumbuh dengan lebih lembut dan berkilau jika rutin menggunakan masker susu kelapa. 

Untuk membuat susu kelapa tidak terlalu sulit. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, ambil buah kelapa segar lalu potong kecil-kecil dan haluskan menggunakan blender. Tak lupa masukkan air panas dengan perbandingan sama. 

Putar blender dengan kecepatan yang tinggi selama beberapa menit, kemudian ganti dengan kecepatan sedang untuk pencampuran selama 30 menit.

Tuang ke saringan dan tekan kelapa yang sudah diblender untuk mendapatkan susu kelapa. Remas parutan atau ampas kelapa untuk mendapatkan sisa-sisa susu kelapa. Tuang susu kelapa dengan saringan yang lebih halus.

Selain dijadikan minuman segar, susu kelapa juga bisa dijadikan bahan masakan seperti gulai, opor, atau dijadikan kolak. 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?