Tak Hanya Buahnya, Daun Jambu Biji Juga Bermanfaat!
berita

03 May 2019 19:00
Watyutink.com - Jambu biji dikenal kaya akan manfaat yang digunakan sebagai obat-obatan alami. Terutama dipercaya mampu menyembuhkan penyakit demam berdarah (DBD). Namun tidak hanya buah jambu biji yang memiliki manfaat, daun jambu biji juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit dan merawat kesehatan. Daun jambu biji memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, antioksidan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun jambu biji untuk kesehatan?

Manfaat daun jambu biji yang pertama, bisa digunakan sebagai obat diare dan disentri. Selain itu, daun jambu biji dapat mengatasi keracunan makanan dan mampu  meredakan nyeri. Khasiat mengonsumsi daun jambu biji diketahui bisa membantu meredakan (meringankan) diare. 

Meski tradisional, cara ini masih dilakukan oleh beberapa orang bahkan dipedesaan untuk mengobati diare secara alami adalah, rebus delapan atau 10 lembar daun jambu biji yang muda, dan tambahkan air dua atau tiga gelas. setelah itu, didihkan lalu biarkan sebentar setelah teh daun jambu biji bisa diminum. yang kedua cara mengobati disentri, potong akar dan daun tanaman jambu biji dan rebus sampai mendidih. Kemudian, saring air dan minum secukupnya.

Tak hanya itu, ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun jambu biji yang diolah menjadi teh, dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi, khususnya pada penderita prediabetes dan diabetes. Prediabetes yaitu kondisi ketika tingkat gula darah lebih tinggi dari kadar normal.

Namun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan keamanannya. Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang mengalami penyakit prediabetes dan diabetes, sebaiknya konsultasi kedokter sebelum mengonsumsi teh daun jambu biji tersebut. (lien)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Enny Sri Hartati, Dr.

Direktur Institute for Development of Economics & Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi