Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D
berita
Istimewa
02 August 2019 13:40
Watyutink.com - Kurangnya kesadaran akan pentingnya sinar matahari bagi tubuh, membuat kebanyakan orang lebih memilih melakukan pekerjaan di dalam ruangan dibandingkan di luar ruangan. Hal ini dapat  membuat tubuh kekurangan vitamin D, mengingat sinar matahari merupakan sumber vitamin D paling besar. Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa tubuh mengalami gejala kekurangan vitamin D.

Tahukah Anda tanda-tanda tubuh kekurangan vitamin D?

Tubuh tidak mampu membentuk vitamin D sendiri. Tubuh membutuhkan asupan vitamin D dari luar. Sebenarnya tubuh bisa mendapatkan asupan vitamin D dari beberapa jenis makanan seperti susu, ikan salmon, dan ikan kod. Akan tetapi salah satu sumber vitamin D yang paling besar pengaruhnya bagi kesehatan adalah sinar matahari. 

Dampak paling terasa ketika tubuh kekurangan vitamin D adalah tubuh mudah lelah, meskipun tubuh sudah beristirahat yang cukup. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam North American Journal of Medical Science menunjukah, bahwa tubuh mudah merasa kelelahan cenderung memiliki kadar vitamin D yang rendah. Mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup dapat mengatasi masalah kelelahan dalam tubuh.

Kekurangan vitamin D, cenderung membuat seseorang mudah mengalami depresi. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The British Journal of Psychiatry menunjukan bahwa orang-orang yang mengalami depresi cenderung memiliki kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuhnya. Kekurangan vitamin D memiliki dampak besar bagi fungsi otak dan kesehatan mental. Mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup dapat mencegah tubuh mengalami depresi.

Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research menunjukan bahwa, kekurangan vitamin D membuat seseorang mengalami gangguan susah tidur. Seseorang yang memiliki kandungan vitamin D yang cukup dalam tubuhnya mampu menekan resiko gangguan tidur seperti insomnia hinggan 16 persen.

Vitamin D sangat berpengaruh pada kekebalan tubuh seseorang. Kekurangn vitamin D membuat tubuh mudah terkena penyakit seperti flu dan pilek. Menurut penelitian dalam Archives of Internal Medicine membuktikan bahwa kekurangan vitamin D membuat tubuh rentan terkena Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Kekurangan vitamin D dapat menganggu kesehatan dan kekuatan tulang. Tanpa asupan vitamin D yang cukup membuat tulang rentan mengelami masalah kesehatan dan terkena nyeri. Biasanya nyeri akan terasa ketika berada diudara dingin, serta ketika dipagi hari otot dan tulang akan terasa kaku. Menurut penelitian Sonya Angelone, MS, RDN dari Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan kekurang vitamin D mampu meningkatkan resiko patah tulang.

Mengingat pentingnya vitamin D bagi tubuh, dan demi kelancaran dalam melakukan aktivitas sehari-hari alangkah pentingnya kita menjaga tubuh untuk cukup mendapatkan paparan sinar matahari. Jadi jangan takut untuk beraktifitas di luar ruangan ya. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar