Tegang Akibat Pemilu, Redakan dengan Makan Buah Ini
berita

17 April 2019 17:00
Watyutink.com - Rangkaian pelaksanaan proses Pemilu 2019 sudah mendekati akhir. Puncak pesta demokrasi yakni hari pencoblosan juga sudah dilaksanakan pada Rabu (17/4/2019). Kini publik tinggal menunggu hasil penghitungan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rangkaian proses Pemilu mau tak mau pasti menimbulkan ketegangan. Bukan hanya bagi kontestan Pemilu 2019, baik calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif, ketegangan pasti juga dirasakan para tim sukses.

Setelah proses Pemilu 2019 usai, tak ada salahnya para kontestan dan tim sukses mulai meredakan ketegangan. Banyak cara yang bisa dilakukan guna meredakan ketegangan atau stres, salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Tahukah Anda, apa saja buah yang bisa membantu meredakan ketegangan?

Buah pertama yang bisa digunakan untuk meredakan ketegangan adalah buah alpukat. Buah ini diketahuk kaya akan kandungan glutathione, senyawa yang dapat menghambat penyerapan lemak tertentu dalam usus, terutama lemak yang menyebabkan kerusakan oksidatif.

Alpukat juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin E, dan folat.

Anda dapat mengkonsumsi alpukat secara langsung atau mengolahnya menjadi jus atau puding. Bisa juga mengoleskan alpukat yang sudah dihaluskan di atas roti panggang.

Selain alpukat, buah stroberry dan blueberry juga bisa digunakan untuk menurunkan stres. Kedua buah tersebut diketahuk kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kognitif otak. Selain itu kedua buah dari keluarga berry itu juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mencegah kolesterol darah teroksidasi serta mengurangi peradangan

Anda bisa mencampurkan buah berry dalam oatmeal, yogurt, sereal, atau memakannya secara langsung.

Kandungan serat dalam buah berry juga sangat tinggi. Hal ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Itulah sebabnya kedua buah ini sangat baik bagi yang sedang diet.

Anda juga bisa mengkonsumsi jeruk untuk meredakan ketegangan. Jeruk adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C. Bukan hanya ampuh dalam meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga dapat mengurangi efek fisik dan psikologis akibat tekanan stres.

Saat stres biasanya orang jadi lebih sering ngemil. Salah satu cemilan yang baik saat stres adalah kacang mede. Hal ini tak lepas dari kandungan zinc yang tinggi dalam kacang mede.

Jika kadar zinc dalam tubuh rendah maka kita cenderung mengalami depresi dan cemas. Itulah sebabnya mengkonsumsi kacang mede bisa menjadi salah satu solusinya.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting