Terapi Jeruk Nipis, Cara Mudah dan Sederhana untuk Menjadi Sehat
berita
Sumber Foto : tipssehat.web.id
06 February 2019 17:15
Watyutink.com – Jeruk nipis sudah lama dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat. Salah satu cara mendapatkan manfaat jeruk nipis adalah dengan mencampurkannya ke dalam air putih. Bukan hanya memberikan efek segar tapi mencampur air putih dengan jeruk nipis bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat jeruk nipis?

Air jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid yang dapat merangsang keluarnya enzim-enzim pencernaan. Sifat air jeruk nipis yang asam dapat membantu air liur memecah makanan. Itulah sebabnya air jeruk nipis dipercaya dapat membantu menyehatkan pencernaan, mengatasi sembelit, juga dapat meredakan rasa panas di ulu hati akibat reaksi asam lambung.

Jeruk nipis juga mengandung magnesium dan kalium yang dapat menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah. Rutin mengkonsumsi air jeruk  nipis diyakini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Sedangkan senyawa limonin dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan jeruk nipis  mengandung banyak vitamin C yang bisa berfungsi sebagai antioksidan. Itulah sebabnya mengonsumsi air jeruk nipis dapat menurunkan risiko terkena kanker, seperti kanker payudara dan paru-paru. Selain itu vitamin C dalam air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri berbahaya seperti E-Coli.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Pasalnya jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah dan membantu mengatur penyerapan gula ke darah. Sedangkan kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme yang bermanfaat dalam membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Sehingga mengkonsumsi jeruk nipis diyakini dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, harus diingat, aktivitas fisik juga diperlukan untuk mencapai berat badan yang ideal.

Asam urat yang merupakan produk sisa dari pemecahan makanan tinggi purin seperti daging, hati, jamur, dan kacang-kacangan juga dapat diturunkan kadarnya dengan menkonsumsi  air jeruk nipis secara rutin.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis sangat sederhana. Campurkan segelas air hangat dengan dua sendok teh air jeruk nipis. Minum 30 menit sebelum makan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

M. Rizal Taufikurahman, Dr.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter             Perkuat Industri Karet, Furnitur, Elektronik Hadapi Resesi             Skala Krisis Mendatang Lebih Besar dari 1998