Terkena Radang Tenggorokan? Sembuhkan dengan Sup Ayam, Bawang Putih, Madu, dan Garam
berita
Sup Ayam/ Net
17 May 2021 08:00
Watyutink.com – Radang tenggorokan adalah penyakit yang kerap diderita orang Indonesia. Penyakit ini bisa menyerang anak-anak, dewasa, dan orang tua, pria maupun wanita. Saat menyerang, penyakit yang juga bernama farangitis ini akan menyebabkan tubuh tidak nyaman. Pasalnya radang tenggorokan biasanya disertanya dengan rasa panas dan sakit saat menelan makanan. Akibatnya penderita radang tenggorokan mengalami kesulitan saat menelan makanan atau minuman.   

Biasanya orang akan langsung mengonsumsi obat-obatan yang banyak dijual di toko obat atau apotik guna menyembuhkan penyakit ini. Padahal sejatinya radang tenggorokan bisa disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Selain lebih mudah, bahan-bahan alami tersebut lebih aman lantaran bebas kandungan bahan kimia.

Tahukah Anda, apa itu radang tenggorokan dan bahan alami apa yang bisa menyembuhkannya?

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah akibat infeksi bakteri streptococcus. Seringkali radang tenggorokan juga menyertai datangnya penyakit lainnya, seperti flu, demam, dan mononukleosis atau demam kelenjar.

Beberapa penyebab lainnya adalah alergi terhadap beberapa benda, seperti bulu binatang, jamur, debu atau serbu sari bunga. Postnasal drip yang kerap muncul pada kasus alergi juga bisa memicu radang tenggorokan. Postnasal drip adalah lendir yang menumpuk di belakang hidung dan tenggorokan. Postnasal drip kerap muncul saat hidung mampet akibat sinus dan menimbulkan gatal dan sakit di tenggorokan.

Udara pengap dan panas juga bisa merangsang munculnya radang tenggorokan. Selain itu terlalu sering bernafas dengan mulut akibat hidung tersumbat juga menjadi penyebab radang tenggorokan. Polusi udara akibat asap rokok juga bisa memicu radang tenggorokan.

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan biasanya pasien menggunakan obat-obatan analgesik yang mampu meredakan rasa nyeri, seperti ibuprofen dan paracetamol. Terutama jika radang tenggorokan menyerang anak-anak dan disertai demam. Namun sebelum menggunakan obat-obatan buatan pabrik, sebaiknya coba dulu penyembuhan menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah.

Praktisi kesehatan dr. Kevin Adrian dalam tulisan yang dimuat di laman alodokter.com menuliskan beberapa cara alami menyembuhkan radang tenggorokan. Cara pertama adalah menggunakan air garam. Ambil satu sendok teh garam, larutkan dalam segelas air hangat. Aduk sampai benar-benar larut dan tercampur dengan rata.

Gunakan air garam itu untuk berkumur dengan posisi wajah menghadap ke atas. Jangan terlalu lama  dan muntahkan air bekas berkumur. Lakukan beberapa kali dengan air garam yang baru. Penelitian yang dilakukan menunjukkan air garam mampu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas dan demam. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak.

Radang tenggorokan juga bisa diobati menggunakan madu. Pasalnya madu mengandung nutrisi yang berguna mengatasi infeksi saluran pernafsan atas atau ISPA. Mengonsumsi madu juga efektif menyembuhkan batuk dan mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Caranya cukup dengan meminum madu, baik secara langsung maupun dicampur dengan teh atau air hangat.

Bahan alami lain yang bisa menjadi obat radang tenggorokan adalah bawang putih. Bumbu dapur ini diketahui mempunyai sifat antibakteri. Selain itu bawang putih mengandung senyawa allicin yang berguna sebagai antiujamur dan antivirus.

Untuk mendapatkan manfaatnya caranya cukup dengan mengunyah satu siung bawang putih. Bagi bebarapa orang yang tidak bisa mengunyah bawang putih mentah, bisa juga dengan mencampurnya dengan madu atau minyak zaitun. Meski para ahli mengatakan manfaat senyawa allicin lebih efektif jika dimakan secara langsung dalam keadaan mentah.

Sup ayam hangat juga bisa meredakan radang tenggorokan. Sup ayam hangat diyakini mampu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering. Terlebih jika sup dimasak menggunakan rempah-rempah dan tidak ditambahkan penyedap. Mengonsumsi makanan cair, seperti sup akan membuat kebutuhan tubuh akan nutrisi terpenuhi. Hal ini berguna untuk mengatasi infeksi. Selain itu kuah sup juga mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Radang tenggorokan juga bisa diredakan dengan minum teh hangat. Beberapa jenis teh, terutama teh herbal mempunyai manfaat sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan juga melindungi tubuh dai efek buruk radikal bebas pemicu berbagai penyakit. Bisa juga ditambahkan satu sendok teh madu agar proses penyembuhan radang tenggorokan lebih optimal.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF