Terlalu Banyak Makan Nastar Bisa Sebabkan Kenaikan Berat Badan dan Kolesterol
berita

31 May 2019 15:20
Watyutink.com – Jika ditanya, kue apa yang paling digemari saat Lebaran? Jawabannya hampir pasti kue nastar. Tak dipungkiri, nastar bersama kastengel adalah kue wajib saat lebaran. Itulah sebabnya kue kering berisi selai nanas ini selalu menjadi incaran orang-orang saat saling berkunjung di hari Raya Idul Fitri. Rasanya tak akan cukup kalau hanya makan nastar sebutir, pasti mengambil lagi dan lagi.

Meski pun sangat menggoda selera, namun disarankan tidak berlebihan dalam menikmati kue nastar. Pasalnya makan nastar berlebihan berpotensi meningkatkan berat badan cukup signifikan. Hal ini lantaran kandungan kalori yang terdapat dalam kue nastar.

Tahukah Anda, berapa kandungan gizi dalam kue nastar?

Satu butir kue nastar diketahui mengandung 75 kalori, 2,14 gram lemak, 12,66 gram karbohidrat, dan 1,14 gram protein. Selain itu nastar tidak memiliki kandungan serat lantaran terbuat dari terigu dan gula.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Pondok Indah, Jakarta dr. Tirta Prawita Sari, Sp.GK, M.Sc. mengatakan mengonsumsi tiga butir kue nastar setara dengan makan sepiring nasi. Meski ukuran sepiring nasi berbeda bagi tiap orang, namun secara umum tiga butir nastar dapat disamakan dengan tiga piring nasi.

Dr Tirta menambahkan kue kering umumnya dibuat dari tepung, gula, telur, dan mentega. Sehingga sebagian besar mengandung karbohidrat dan sedikit protein dan lemak. Meski termasuk dalam katagori makanan kecil, namun nastar mengandung kalori yang cukup banyak.

Selain itu menurut dr Tirta, terlalu banyak makan nastar juga dapat memicu kenaikan kadar kolesterol. Pasalnya nastar dibuat menggunakan banyak mentega dan butter yang mengandung lemak. Pemanasan yang dilakukan saat pembuatan nastar dapat mempengaruhi kadar kolesterol.

Itulah sebabnya dr Tirta menganjurkan saat merayakan Lebaran kita menikmati kua nastar dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Terutama jika dirasa tidak mungkin menghindari makan kue nastar.

Sementara itu Ahli Gizi dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Ika Setyani mengatakan tiga butir kue nastar setara dengan sekitar 100 gram nasi putih yang mengandung 175 kalori.

Sebagai perbandingan, sebutir kue putri salju dengan berat sekitar enam gram mengandung sekitar 22,5 kalori, sementara kue lidah kucing dengan berat empat gram memiliki kandungan sekitar 18 kalori.

Sedangkan kue favorit lebaran lainnya, seperti kastengel dengan berat lima gram mengandung 20,3 kalori. Sementra rengginang yang  juga banyak dicari saat lebaran mengandung sekitar 12 kalori.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI

FOLLOW US

Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja             Stop Bakar Uang, Ciptakan Profit             Potensi Korupsi di Sektor Migas