Terlalu Lama Jomblo Bisa Sebabkan Pikun
berita
Sumber Foto : msn.com (gie/watyutink.com)
03 November 2018 14:15
Katanya enak menjadi bujangan, kemana-mana nggak ada yang melarang. Itu syair sebuah lagu ciptaan Rhoma Irama berjudul ‘bujangan’. Syair lagu itu ada benarnya juga. Bujangan atau saat ini dikenal dengan sebutan jomblo, bisa hidup bebas tanpa ada beban.

Tapi tahukah Anda, terlalu lama hidup jomblo atau membujang ternyata beresiko mengalami penurunan daya ingat atau pikun.

Penelitian yang dilakukan Florida State University, AS membuktikan kesepian meningkatkan risiko demensia atau pikun hingga 40 persen. Bahkan mereka yang merasa kesepian, meskipun dikelilingi orang tersayang, juga berisiko tinggi mengalami masalah neurologi.

Dr.Angelina Sutin, salah seorang peneliti, mengatakan  bersosialisasi penting untuk menjaga pikiran yang memicu kesehatan kognitif. Menjadi penyendiri biasanya disebabkan perasaan tidak cocok atau tidak termasuk dalam orang lain.

Itulah sebabnya Sutin menyarankan orang yang merasa terisolasi agar tidak menyalahkan diri sendiri dan mulai berusaha mengenal dan mencari orang lain. Sutin menambahkan penyebab demensia sendiri tidak diketahui sampai saat ini, tapi makanan diet sehat dan latihan bisa mengurangi risiko.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Enny Sri Hartati, Dr.

Direktur Institute for Development of Economics & Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi