Ternyata Ikan Asin Bisa Sehatkan Tulang, Gigi dan Kulit, tapi Jika Berlebihan Sebabkan Hipertensi serta Serangan Jantung
berita
Ikan Asin/ Net
15 June 2021 06:00
Watyutink.com - Ikan asin adalah lauk atau menu makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Sepertinya tidak ada orang yang tidak pernah merasakan ikan asin. Bahkan tak ubahnya krupuk, ikan asin seolah menjadi lauk wajib bagi orang Indonesia.  Biasanya ikan asin dimakan bersama dengan lalapan dan sambel.

Namun ada pula orang yang takut makan ikan asin. Pasalnya ikan asin dianggap memicu hipertensi atau darah tinggi. Rasanya yang asin diyakini akibat tingginya kadar garam dalam ikan asin. 

Tahukah Anda, sebenarnya benarkah ikan asin bisa memicu darah tinggi? 

Ikan asin adalah salah satu proses untuk mengawetkan daging ikan. Meskipun mempunyai kadungan gizi yang tinggi, tapi daging ikan mudah rusak. Agar bisa bertahan lebih lama, maka daging ikan diolah menjadi ikan asing.

Pembuatan ikan asing dilakukan dengan menaburi daging ikan dengan garam. Bisa juga dengan merendam daging ikan dengan cairan yang cairan air garam pekat. Selanjutnya ikan dijemur hingga benar-benar kering.

Proses ini menyebabkan kandungan garam dalam ikan asin menjadi sangat tinggi. Sehingga menkonsumsi ikan asin dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan resiko hipertensi. Zat natrium yang terkandung dalam garam dapat menarik cairan dalam jumlah banyak. Akibatnya volume darah yang dipompa harus lebih besar. Hal ini justru membuat tekanan di dalam pembuluh darah meningkat.

Peningkatan tekanan darah akibat konsumsi ikan asin berlebihan juga dapat menyebabkan perubahan struktur serta fungsi jantung. Jantung akan lebih mudah membengkak atau cardiomegaly. Kondisi ini bisa menyebabkan gagal jantung.

Selain jantung, mengkonsumsi ikan asin berlebihan juga bisa menyebabkan pembengkakan organ tubuh lain, seperti kaki dan paru-paru karena cairan tubuh tidak  bisa mengalir dengan efektif

Padahal sejatinya ikan asin adalah makanan sehat. Pasalnya ikan asin juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti fosfor, kalsium, zat besi, omega-3, dan vitamin E. Itulah sebabnya ikan asin juga memiliki khasiat bagi tubuh, asalkan jangan dimakan secara berlebihan. 

Manfaat ikan asin salah satunya untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Hal ini lantaran ikan asin memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Dalam 100 gram ikan asin kering terdapat 300 miligram fosfor dan 200 miligram kalsium. 

Fosfor dan kalsium diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Fosfor juga berguna untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Ikan asin juga dapat menambah tinggi badan. 

Ikan asin juga mengandung zat besi yang membuatnya mampu mempercepat penyembuhan luka. Dalam 100 gram ikan asin terdapat sekitar 3 miligram zat besi. 
Namun mungkin hal ini tidak berlaku apabila kamu mengalami hemofilia atau kelainan yang menyebabkan darah tidak bisa membeku secara normal. 

Zat besi juga menjadikan ikan asin berguna mencegaj anemia atau tubuh kekurangan darah. Zat besi dalam ikan asin akan membantu tubuh dalam meproduksi sel darah dan dapat mencegah anemia.

Kandungan vitamin E menjadikan ikan asin baik untuk kesehatan kulit. Selain itu ikan asin juga dapat mengurangi resiko kanker kulit. Vitamin E dalam ikan asin juga melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet penyebab kanker.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF