Tidak Hanya Melezatkan Makanan, Daun Bawang Juga Menyehatkan Tubuh
berita

27 March 2019 18:20
Watyutink.com - Semua orang pasti mengenal daun bawang. Berbagai makanan menggunakan daun bawang sebagai campuran bahan dalam membuatnya, seperti martabak, telur dadar, mie ayam, dan sebagainya.

Penambahan daun bawang diyakini membuat makanan semakin lezat dan mengundang selera.

Tahukah Anda, ternyata daun bawang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan?

Seperti juga bahan-bahan masakan lainnya, daun bawang juga sering digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh Pasalnya berbagai zat yang terkandung dalam daun bawang diyakini bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satunya adalah kandungan senyawa cycloaliin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya senyawa cycloaliin dapat membantu mengencerkan darah, sehingga mencegah penyakit jantung seperti aterosklerosis atau penyakit akibat penumpukan plak pada pembuluh darah. Jika pembuluh darah beraih dari plak maka aliran darah akan menjadi lancar. Hal inilah yang membuat fungsi jantung menjadi semakin baik.

Daun bawang juga kaya akan asam folat. Seperti diketahui asam folat sangat dibutuhkan, terutama bagi ibu hamil. Kandungan asam folat akan membuat perkembangan janin semakin baik. Itulah sebabnya bagi ibu hamil tidak ada salahnya menambahkan daun bawang dalam menu makan sehari-hari.

Daun bawang juga banyak mengandung serat. Itulah sebabnya rutin mengkonsumsi daun bawang bisa membantu menyehatkan pencernaan. Bagi Anda yang punya masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar, daun bawang bisa menjadi obat alternatif menyembuhkannya.

Daun bawang juga bisa mencegah anemia atau kurang darah. Daun bawang adalah salah satu sumber zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi daun bawang bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dan hemoglobin. Selain itu juga bisa memperkuat jaringan di tubuh.

Bagi penderita diabetes, daun bawang bisa digunakan untuk menjaga kadar gula darah. Pasalnya kandungan phyto-kimia pada daun bawang, yakni allium dan alil disulfida bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Kandungan tersebut memiliki sifat antidiabetes karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

Bagi Anda yang suka makanan atau minuman manis, imbangi dengan mengonsumsi daun bawang agar kandungan gula dalam darah terjaga.

Daun bawang juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit akibat radikal bebas. Kandungan quercetin dan kemferfol akan membuat tubuh terjaga kondisi kesehatannya dan lebih bugar.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

FOLLOW US

Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan             Bukan Jumlah Peraturan Tapi Korupsinya Yang Penting             Sektor Pertanian Masih Gunakan Paradigma Lama             Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi