Tips Berpuasa Ibu Hamil
berita
Sumber Foto : theasianparent.com
18 May 2019 09:00
Watyutink.com - Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib yang dilaksanakan sekali dalam setahun. Tidak heran jika umat muslim di seluruh dunia tidak ingin melewatkannya, tanpa terkecuali ibu hamil. Akan tetapi masih banyak ibu hamil tidak berpuasa dengan alasan takut asupan nutrisi untuk calon buah hati tidak tercukupi.

Ibu hamil diperbolehkan tidak berpuasa mengingat banyaknya nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang calon buah hati. Ibu hamil boleh berpuasa asalkan kondisi ibu sehat dan memungkinkan untuk berpuasa.

Tahukah Anda aturan menjalankan puasa yang aman bagi ibu hamil?

Berpuasa saat hamil bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Asupan nutrisi saat hamil harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai kesehatan ibu menurun dan menggangu tumbuh kembang bayi. Sebelum berpuasa, ibu hamil wajib berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mempertimbangkan kondisi kesehatan dan tahap kehamilan untuk menentukan boleh tidaknya berpuasa. Ibu hamil yang mengidap diabetes dan anemia tidak disarankan untuk berpuasa.

Ibu hamil yang berpuasa harus mengkonsumsi berbagai variasi makanan saat berbuka dan sahur. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Ibu hamil membutuhkan 200 – 300 kalori lebih banyak per hari saat hamil. Dengan kata lain, jika ibu hamil makan dan minum dengan total kalori 2200 – 2300, sudah cukup untuk memberi makan pada bayi dan beraktivitas layaknya ibu hamil.

Untuk melengkapi nutrisi ibu hamil saat berpuasa, makanan yang dikonsumsi harus mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah – buahan. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, asam folat, vitamin A, dan kalsium, ibu hamil wajib mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan lebih banyak. Mengurangi makanan berkadar gula tinggi wajib dilakukan ibu hamil saat berpuasa, karena makanan tersebut membuat mudah kenyang dan mudah lapar.

Ibu hamil yang berpuasa wajib menjaga asupan cairan dalam tubuh. Perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur. Selain air putih, air kelapa dipercaya dapat membantu menjaga hidrasi dalam tubuh dan mencegah kelelahan selama berpuasa. Membatasi minum kopi, teh, minuman bersoda, dan beraktivitas fisik merupakan cara yang tepat untuk menjaga hidrasi dalam tubuh.

Hal penting lain yang harus diperhatikan, yaitu ibu hamil harus tahu kapan membatalkan puasa. Apabila ibu hamil mengalami mual disertai muntah, jarang buang air kecil disertai warna urin lebih gelap, dan berat badan menurun, segera batalkan puasa agar tidak membahayakan kesehatan ibu dan bayi. Periksakanlah ke dokter kandungan apabila dirasa ada gangguan pada diri dan janin. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI

FOLLOW US

Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja             Stop Bakar Uang, Ciptakan Profit             Potensi Korupsi di Sektor Migas