Tips Liburan Hemat Anti Dompet Bolong
berita
Sumber Foto : lifestyle.sindonews.com
20 June 2019 14:20
Watyutink.com - Liburan tentu moment yang dinanti banyak orang, meskipun tak semua orang beruntung untuk dapat mencicipi liburan mewah. Liburan terkesan menghamburkan tabungan yang selama ini didapatkan dengan kerja keras. Namun demikian, tetaplah berlibur, karena liburan adalah kebutuhan dan baik bagi kesehatan anda.

Tahukah Anda, cara liburan hemat tanpa dompet bolong?

Prinsip anak muda saat ini adalah, work hard and play hard atau ‘kerja keras sekarang liburan kemudian’. Meski banyak juga orang liburan demi feed instagram yang indah menawan, namun dibalik semua itu, liburan memang penting dan anda membutuhkannya.

Gaya liburan setiap orang tentu berbeda, ada yang suka ke pantai, gunung ataupun city tour. Bagi anda petualang sejati tentu saja liburan itu bisa kemana saja, kapan saja dan bersama siapa saja, kadang-kadang sendiri juga tidak masalah. Namun, bagi petualang baru liburan ala backpaper tentu bukan hal mudah, atau istilah anak zaman ’tidak semudah itu Fergusso’!.

Berikut adalah tips liburan murah tanpa wajah mengkerut akibat dompet bolong:

Pertama, tentukan tujuan liburan secara tertib. Jika budget anda pas-pasan maka anda harus menentukan tujuan utama kemana saja dan pastikan di daerah tujuan ada teman atau saudara yang bisa ditemui. Hal ini penting karena akan mengarahkan ada pada tujuan yang tepat dan jika beruntung anda akan mendapatkan tempat menginap dan makan gratis. Menarik bukan?

Kedua, gunakan kendaraan yang irit dana. Dalam kasus ini, anda harus rela sedikit lebih lelah. Misalnya ongkos pesawat mahal, maka opsi lainnya adalah menggunakan kendaraan darat atau laut. Jika anda tidak terbiasa mungkin akan sedikit menderita, namun perlu diingat bahwa liburan adalah petualangan maka perjalananpun akan menjadi sebuah cerita.

Ketiga, ajak teman yang sevisi. Ini penting, karena teman akan mempengaruhi daya liburan anda. Beberapa orang akan terpengaruh karena gaya temannya yang lebih keren atau lebih boros. Karena itu ajaklah teman yang bisa diajak hemat bersama. Selain akan mengurangi pengeluaran juga akan mengurangi beban anda bahwa liburan harus begini dan begitu. Teman yang sevisi akan mudah diajak menginap di hotel sederhana, makan makanan yang sederhana tanpa galau.

Keempat, bawa pakaian dan makana yang diperlukan. Bagi sebagian orang biaya liburan yang banyak dihabiskan untuk makanan dan pakaian. Mengapa demikian? Sebagian besar orang cenderung mencari pakaian yang pas untuk dipakai liburan terutama jika orang tersebut suka photography. Soal makanan, selama anda masih bisa membawa makanan sendiri maka bawalah, karena harga makanan di tempar liburan terkadang sangat tidak masuk akal dan membuat dompet menangis.

Empat hal tersebut setidaknya akan meringankan beban dompet anda sehingga anda tidak perlu stress pasca liburan. Oh iya, liburan tidak selalu harus jauh dan memakan waktu lama, weekend juga dapat anda manfaatkan untuk berlibur agar senin kembali ceria. (yed)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?