To be Single is Better
berita
pixabay.com
03 July 2019 17:30
Watyutink.com - Istilah single kadang-kadang membuat tersinggung meski tidak semua orang akan marah ketika membahas soal statusnya. Ya, memang terkesan tidak sopan saat membahas masalah personal orang lain, namun apa daya di Indonesia seakan mempertanyakan ‘kapan menikah?’ itu seakan menjadi kewajiban, termasuk ‘kapan, kapan’ yang lain, misalnya ‘kapan punya anak dan kapan lulus’. Semua pertanyaan kapan ini membuat kepala sang single semakin riwet, tak jarang lho pertanyaan sesederhana ini membawa petaka, bahkan baru-baru ada seorang anak muda membunuh tetangganya akibat sering ditanya ‘kapan menikah?’.

Tahukah anda, bahwa menjadi single lebih baik karena dapat meningkatkan potensi diri sendiri?

Nah sebagai single anti baper dan anti peratap nasib coba nih lakukan hal-hal berguna berikut selama mensingle.

Bersantai sejenak dan susun ulang puing-puing mimpi

Tarik napas dan lepaskan perlahan. Masa single ini masa terbaik untuk memikirkan ulang apa yang menjadi keinginan dan apa yang hendak dicapai. Nah pada masa ini anda mulailah dengan menenangkan diri sendiri dan berhenti merasa bahwa anda menjadi single karena hal-hal buruk, misalnya karena anda tidak laku, wajah anda buruk atau bahkan karena anda miskin. Berhentilah berpikir yang negatif karena justru akan membuat keadaan anda semakin buruk.

Buat list mimpi secara tertata

Hal kedua setelah menenangkan diri, anda bisa mulai membuat list mimpi kedepan. Sebagai anak muda tentu punya keinginan dong, hal apa saja yang akan dicapai dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Eh, udah kaya bikin perencanaan negara nih. Ya tapi memang betul bahwa hidup yang terencana lebih baik meskipun tak semua akan berjalan sesuai dengan rencana. Masa single anda akan lebih baik digunakan untuk menyusun ulang mimpi dan mulai berusaha melangkah.

Berkunjunglah ke tempat-tempat baru

Hal yang juga harus anda lakukan adalah mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah di kunjungi sebelumnya. Semakin banyak tempat dan suasana baru yang bisa dilihat dan nikmati semakin banyak pula inspirasi dan ide-ide segar yang mungkin muncul. Selain bisa memperbaiki mood, mungkin aja anda bisa ketemu orang-orang baru yang bisa anda jadikan sahabat atau bahkan pacar baru. Who knows?

Mendesain ulang kamar tidur atau kamar kerja

Ini penting sih selain untuk mendapatkan suasana baru, kondisi yang baru akan membantu anda berpikir jernih. Mungkin selama berpacaran dulu, kamar tidur atau kamar kerja anda sangat jarang sekali mendapat sentuhan dan perhatian. Mengapa tidak mencoba untuk mendesain kembali kamar tidur atau kamar kerja anda? Selain kegiatan ini tidak membutuhkan banyak biaya, suasana kamar yang baru akan memberikan energi dan semangat yang baru.

Membaca buku-buku baru

Buku adalah jendela dunia. Buku akan memberikan banyak pengetahuan yang berguna bagi kehidupan anda kedepan. Buku adalah teman yang setia yang akan menemanimu mengisi ruang waktu yang sedang kosong melompong seperti apa yang lo rasain saat ini. Buku membuatmu cerdas dan berwawasan luas. Dan seorang yang cerdas dan berwawasan luas akan mendapatkan cara pandang yang berbeda tentang kehidupan. Tentu saja, hidup ini tidak melulu soal dia dan dia.

Ya begitulah, di Indonesia sepertinya kita belum bisa mengatakan ‘it is personal’, ini kan urusan pribadi tak selayaknya diubrak-abrik umum. Bahkan media acapkali menyiarkan pemberitaan masalah personal artis. Terlepas dari baik atau buruknya lebih baik kita membahas hal apa saja yang bisa dimaksimalkan selama menjadi single, kan nggak mungkin dong mau jadi single peratap.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?