Tujuh Fakta Tersembunyi Pulau Kalimantan, Calon Ibu Kota Baru
berita
Sumber Foto : netralnews.com
22 August 2019 14:27
Watyutink.com - Bukan Indonesia namanya jika tidak menyimpan keindahan bahkan misteri di setiap pulaunya. Keindahan bagaikan ‘kutukan’ yang tak dapat diangkat, konon Kalimantan juga menyimpan sejuta misteri keindahan dibalik hutannya yang masih menghijau membentang di garis khatulistiwa.

Hari ini (22/08/2019), pemindahan Ibu Kota Indonesia sudah ketuk palu. Sah! Ibu Kota akan dipindahkan ke Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur. Eh, tentu saja dimana tepatnya masih menjadi rahasia. Anggap saja pemerintah ingin memberikan kejutan atau biar saja menjadi keputusan publik untuk memprediksinya.

Tahukah Anda, Pulau Kalimantan menyimpan misteri tersembunyi yang jarang diekspos?

Terdapat hutan tropis tertua di dunia. Borneo nama lain Kalimantan menyimpan hutan tropis tertua di dunia. Diprediksi hutan ini berusia 130 tahunan. Paru-paru dunia tertua ini menyimpan kekayaan flora dan fauna di dalamnya.

Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Kalimantan menempati urutan ketiga setelah Greenland di Denmark dan Papua. Kalimantan memiliki luas 743.330Km persegi. Tak disangka dibalik kekayaan alam yang melimpah ruah pulau ini juga luasnya tak bisa dianggap enteng. Saking luasnya pulau ini menanggung beban tiga negara, bagaimana tidak di Pulau Kalimantan terdapat negara Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Semoga akur ya dengan tetangga, apalagi Ibukota akan pindah ke Borneo.

Merupakan habitat asli si hidung belang. Eits, jangan salah paham dulu ‘si hidung belang’ yang dimaksud adalah Bekantan. Bekantan merupakan satwa unik yang menyerupai kera, memiliki bulu warna cokelat cerah dan hidung besar. Itulah sebabnya dijuluki sebagai ‘si hidung belang’. Udah siap ketemu ‘si hidung belang’, belom nih? Hehehe

Lumba-lumba air di sungai Mahakam. Siapa yang tak tahu sungai Mahakam, selain karena panjangnya terdapat pula satwa unik di dalamnya, termasuk lumba lumba. Sunga Mahakam membentang dari Kutai Barat sampai Kutai Kartanegara sehingga sungai ini menjadi alat transportasi lokal.

Masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara. Pertanyaannya yang pertama dimana? Istiqlal dong! Kalimantan juga mempunyai masjid nan megah. Jika anda singgah ke Kalimantan jangan lupa berkunjung yaa!

Terdapat suku Banjau, yang tidak memiliki kewarganegaraan. Suku ini merupakan suku pengembara yang tersebar di Indonesia (Kalimantan), Malaysia dan Filipina. Suku Banjau berasal dari Filipina Selatan namun negara asalnya tak mengakui status suku Banjau secara legal. Suku ini bertahan hidup dengan menerjang badai lautan sebagai pengembara. Diketahui bahwa suku Banjau, tak bisa baca tulis, tak tahu usia mereka, penyelam yang handal, dan bahkan dari lahir sampai mati berada di perahu.

Terdapat suku gaib. Suku Paloh berada di Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Malaysia. Diyakini bahwa suku Paloh ini memiliki pasukan gaib yang khusus untuk melindungi wilayah tempat tinggal mereka.

Setiap jengkal tanah di Indonesia memang selalu punya cerita. Mari lebih mengenal Indonesia untuk dapat mencintai Indonesia lebih lagi dan lebih lagi. (yed)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Robin, S.Pi., M.Si.

Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kandidat Doktor IPB, Tenaga Ahli Komisi IV DPR-RI

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik