Turunkan Berat Badan, Kolesterol dan Cegah Rematik dengan Rutin Minum Air Rebusan Terong
berita

23 December 2021 16:20
Watyutink.com – Manfaat terong bagi kesehatan sudah banyak diketahui. Buah banyak dianggap sayuran ini diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pasalnya terong mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat menjaga dan menjadikan kondisi tubuh tetap bugar.

Selama ini terang seringkali diolah dan dinikmati sebagai sayuran pendamping lauk pauk. Terong sering disajikan dalam bentuk tumisan. Selain itu terong juga diolah menjadi menu masakan berkuah santan. Namun terong lebih sering tampil sebagai lalapan bersama sambal dan menemani ayam atau ikan goreng.

Ternyata untuk mendapat manfaat terong bagi kesehatan ada cara lain selain dijadikan menu makanan. Cara itu adalah dengan merebusnya. Air rebusan terong diyakini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Bahkan cara ini dianggap lebih baik dibanding memakannya dalam bentuk tumisan, lalapan atau menu makanan lainnya.

Tahukah Anda, apa saja manfaat minum air rebusan terong bagi kesehatan?

Terong diketahui memiliki beragam kandungan nutisi. Dalam 80 gram terong mentah terdapat 20 kalori, 1 gram protein, 5 gram karbohidrat, 3 gram serat,  asam folat, kalium, vitamin C, Vitamin K, zat besi dan magnesium. Dengan kandungan nutrisi yang banyak tersebut, terong diyakini bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menangkal radikal bebas, pemicu berbagai penyakit.

Dikutip dari akun Instagram dr.zaidulakbar.resep, disebutkan bebeberapa manfaat mengonsumsi air rebusan terong adalah untuk menurunkan kolesterol. Manfaat ini didapat lantaran terong kaya akan kandungan antioksidan. Air rebusan terong membantu cegah munculkan plak yang menyebabkan pengerasan dinding arteri. Kandungan antioksidan banyak terdapat dibagian kulit terong. Itulah sebabnya saat mengolah dan merebusnya, sangat disarankan tidak mengupas kulit terong.

Antioksidan yang terkandung dalam terong dapat membantu melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Menurut penelitian, kandungan antioksidan di dalam terong bisa membantu mencegah sejumlah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Kandungan serat, kalium, flavonoid, fitonutrien, vitamin C, dan vitamin B6, membuat terong sangat baik menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition pada 2012, mengatakan terong mengandung antosianin yang bisa menurunkan tekanan darah darah. Hal ini akan melindungi tubuh dari hipertensi atau penyakit darah tinggi dan jantung.

Manfaat selanjutnya mengonsumsi air rebusan terong adalah menurunkan berat badan. Terong mengandung senyawa obat yang membantu bersihkan tubuh dan merangsang fungsi hati. Air rebusan terong mampu meningkatkan fungsi empedu yang bermanfaat bagi pencernaan dan membakar lemak. Itulah sebabnya  rutin minum air rebusan terong dapat menurunkan berat badan.

Minum air rebusan terong juga membantu meringankan nyeri akibat rheumatoid arthritis atau rematik. Hal ini karena terong memiliki kandungan Kandungan asam klorogenat yang baik untuk mengatasi infeksi dan pembengkakan terutama di bagian persendian. Terong juga mengandung vitamin A, B1, B2, C, E dan beberapa jenis mineral. Itulah sebabnya sakit persendian akibar peradangan dan nyeri rematik bisa dicegah dengan mengonsumsi air rebusan terong.

Untuk membuat rebusan terong caranya sangat mudah, siapkan 1 buah terong ukuran sedang. Bersihkan lalu potong menjadi ukuran lebih kecil tanpa dikupas kulitnya. Rebus dengan sekitar 1 liter air selama 15-25 menit, biarkan sampai terong terlihat lembut. Setelah mendidih angkat dan biarkan sejenak sampai dingin, lalu saring.

Minum air rebusan itu secara rutin 2 atau 3 kali setiap hari. Bisa juga ditambahkan perasan lemon atau madu. Lebih baik jika dikonsumsi saat perut kosong, seperti di pagi hari.

Mengonsumsi ari rebusan terong juga berguna mencegah pikun atau pelupa. Pasalnya terong mengandung zat nasunin yang bisa menjaga fungsi otak. Zat nasunin yang banyak terdapat pada kulit terong mampu melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas serta melancarkan proses distribusi gizi di dalam sel-sel tubuh.

Mengonsumsi air rebusan terong juga menjaga peredaran darah menuju otak lancar. Hal ini  mencegah peradangan saraf otak serta berbagai penyakit dan gangguan fungsi kognitif otak yang disebabkan oleh proses penuaan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF