Wedang Kunyit, Minuman Alami untuk Atasi Datang Bulan Tidak Lancar
berita

30 January 2020 16:35
Watyutink.com – Salah satu hal yang membedakan pria dan wanita adalah menstruasi. Seorang pria tidak akan pernah mengalami menstruasi atau haid. Meski sudah menjalani operasi ganti kelamin menjadi wanita, pria tidak akan pernah bisa memalsukan menstruasi.

Selain sebagi penanda seseorang dalah wanita, menstruasi juga berfungsi untuk  menjaga kesehatan wanita, baik fisik, mental, maupun emosional. Itulah sebabnya wanita perlu mengalami keadaan yang juga disebut datang bulan itu. Namun sayangnya beberapa wanita kerap mengalami gangguan menstruasi, seperti tidak lancar, nyeri, kram perut, dan sebagainya

Ternyata untuk mengatasi datang bulan tidak lancar bisa menggunakan bahan alami.

Tahukah Anda, bahan alami apa yang bisa digunakan untuk mengatasi datang bulan secara alami?

Bahan alami yang sangat bermanfaat mengatasi masalah datang bulan adalah kunyit. Bahan alami yang sering dijadikan bumbu dapur ini termasuk dalam tanaman akar atau rimpang. Itulah sebabnya kunyit mempunyai bentuk yang mirip dengan tanaman rimpang lainnya, seperti jahe atau lenkuas. Para ahli kesehatan herbal menyebut kunyit sebagai superfood atau makanan super. Pasalnya kunyit mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap.

Salah satu manfaat kunyit adalah sebagai pereda nyeri, termasuk nyeri yang dirasakan wanita saat haid. Saat mengalami datang bulan, wanita kerap mengalami nyeri di berbagai bagian tubuh, seperti perut, punggung, panggula, payudara, dan lainnya. Para ahli kesehatan menyebut kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa nyeri.

Sedangkan kandungan kurkumin dalam kunyit dapat menghambat produski prostaglandin, yakni hormon yang menjadi pemicu radang dan nyeri. Itulah sebabnya mengonsumsi ramuan kunyit diyakini dapat meredakan rasa nyeri saat menstruasi.

Kunyit juga bermanfaat mengatasi kram perut. Saat mengalami datang bulan, wanita sering menderita kontraksi pada otot-otot rahim. Hal inilah yang menyebabkan perut mengalami kram. Jika dibiarkan kram perut menimbulkan rasa sakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kandungan aktif kurkumin dalam kunyit diyakini dapat meredakan kram perut. Pasalnya kunyit juga memiliki fungsi antiperadangan yang mampu memberikan rasa tenang pada otot rahim, perut dan usus. Sehingga kontraksi otot yang dialami saat datang bulan tidak akan terasa begitu menyakitkan.

Kunyit juga bermanfaat untuk mengatur siklus haid. Normalnya, wanita mengalami menstruasi dalam 28 hari. Namun saat mengalami  gangguan, datang bulan molor hingga 35 hari bahkan lebih. Jika dibiarkan kondisi ini akan menjadi lebih parah. Darah menstruasi akan menjadi lebih deras atau justru lebih sedikit.

Mengonsumsi ramuan kunyit akan membuat siklus haid menjadi lancar dan teratur secara alamiah. Pasalnya kuyit kaya akan kandungan estrogen yang sangat berguna bagi wanita yang sedang datang bulan.

Saat sedang menstruasi, organ intim wanita berisiko terjangkit jamur dan bakteri. Itulah sebabnya kebersiahan organ tersebut harus dijaga. Salah satunya menggunakan ramuan kunyit, yang bisa berfungsi sebagai antijamur dan antiseptik alami. Itulah sebabnya kunyit bisa digunakan sebagai bahan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita.

Selain itu kunyit juga bermanfaat meredakan perut kembung dan sembelit. Bumbu dapur ini sudah lama dikenal sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini berkat fungsi antimikroba, antioksidan, dan antiperdangan.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit, caranya cukup mudah. Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan kunyit bisa diolah menjadi wedang kunyit pelancar haid. Ambil kunyit seukuran telunjuk, asam jawa, gula merah atau gula aren, dan sedikit garam himalaya.

Iris kunyit tipis-tipis dan blender semua bahan tersebut hingga menjadi ampas kasar. Rebus ampas tersebut dengan 300 mililiter air hingga mendidih. Angkat dan biarkan hingga hangat. Saring air rebusan tersebut dan minum selagi hangat. Minum satu hingga dua kali sehari sebelum sarapan dan tidur. Lakukan secara rutin dan akan diperoleh manfaatnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)