Yuk Ganti Kebiasaan Ngopi Di Pagi Hari dengan Air Lemon Hangat, Bisa Sehatkan Pencernaan, Jantung, dan Ginjal
berita

20 April 2019 17:30
Watyutink.com - Minuman apa yang biasa Anda konsumsi setiap pagi, kopi, teh, atau susu? Ketiga minuman tersebut memang sangat nikmat diminum sebelum kita memulai aktivitas, terlebih jika dinikmati selagi hangat.

Tapi, sesungguhnya ada minuman yang sangat dianjurkan diminum saat pagi hari. Minuman ini dipercaya lebih sehat dan membawa beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, minuman apakah itu?

Air lemon hangat, itulah minuman yang sangat baik dikonsumsi di pagi hari. Pasalnya minuman ini sangat bermanfaat untuk menyegarkan nafas.

Buah lemon dikenal kaya akan vitamin C. Selain itu buah yang merupakan 'saudara kandung' buah jeruk ini juga mengandung banyak zat kimia alami yang baik untuk kesehatan, seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid.

Selain menyegarkan napas, mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari juga dapat menurunkan berat badan. Hal ini lantaran buah lemon kaya akan kandungan zat polifenol.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau merasa bobot tubuh terlalu berlebih, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi air lemon hangat setiap pagi.

Air lemon hangat juga bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu rutin minum air lemon hangat juga mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

Sedangkan kandungan vitamin C dalam lemon dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C dan bioflavonoid juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas. Sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan jarang sakit.

Vitamin C dalam buah lemon juga dapat mencegah tubuh terserang penyakit batu ginjal. Kandungan asam sitrat dalam buah lemon bisa mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal.

Kandungan vitamin C dalam buah lemon juga bermanfaat mencegah tubuh terserang penyakit kardiovaskuler seperti stroke. Selain itu mengkonsumsi air lemon juga dapat menurunkan tekanan darah.

Rutin mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari juga dapat mempercantik wajah. Pasalnya minum air lemon di pagi hari dapat menjaga kelembapan kulit. Sehingga kulit dan wajah akan bebas dari kerutan atau keriput. Wajah pun jadi terlihat lebih segar.

Namun perlu diwaspadai efek samping dari air lemon. Salah satunya dapat mengikis enamel atau email gigi yang merupakan lapisan terluar gigi. Hal ini lantaran buah lemon mengandung asam sitrat tinggi.

Itulah sebabnya disarankan menggunakan sedotan saat meminum air lemon. Selain itu biasakan berkumur dengan air putih setelah minum air lemon untuk menghilangkan asam yang menempel di gigi.

Selain itu hindari minum air lemon sebelum makan. Pasalnya minum air lemon saat perut kosong dapat menimbulkan nyeri ulu hati atau heartburn.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter