Arah Kebijakan Pajak Dikala Pandemi
berita
InfoTink
. 10 June 2021 12:25
Penulis
Zoominari Kebijakan Publik

Jumat, 11 Juni 2021

Pukul 15.00-selesai
zoom online

Deskripsi

Pandemi virus corona atau Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian Indonesia dan global. Ini termasuk pula sektor perpajakan. Seberapa lama pandemi ini berlangsung dan seberapa dalam dampaknya bagi aktivitas sosial-ekonomi akan menentukan masa depan sektor perpajakan di Indonesia dan global. Penerimaan pajak pada umumnya terkena dua pukulan telak sekaligus. Perlambatan ekonomi secara alamiah mengurangi basis pajak. 
Kebijakan perpajakan di banyak negara pasca krisis 2009 lebih banyak berkaitan dengan sektor PPN, entah peningkatan tarif, perluasan basis, maupun pembenahan sistem teknologi informasi (TI) untuk menjamin kepatuhan. Bagaimana kebijakan PPN akan ditempuh oleh Pemerintah?

Bagaimana dampaknya bagi pelaku usaha? Bagaimana rencana lain reformasi perpajakan termasuk penyesuaian treshold bagi kelompok berpenghasilan tinggi, tarif progresif PPh orang pribadi, maupun pajak yang berbasis lingkungan dan pajak atas kekayaan akan diberlakukan ke depan? Bagaimana pendapat pakar terkait PPN 12 persen dan kewenangan penyidik pajak yang diperluas diantaranya dapat melakukan penangkapan?

Bersama
1. Yustinus Pratowo, Staf Khusus Menteri Keuangan
2. Enny Sri Hartati, Ekonom Senior INDEF**
3. Anthony Budiawan, Managing Director Political Economy & Policy Studies (PEPS)
4. Sutrisno Iwantono, APINDO**

Register:
bit.ly/NarasiZoomPublik

Youtube:
https://youtu.be/arBQIKqF8lQ


Salam,
Achmad Nur Hidayat (ANH)
Narasi Institute

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF