Ekspresi Religi ILUNI Lewat Seni
berita
InfoTink
Sumber Foto : MAC UI/ Al-Zastrouw 30 April 2021 16:50
Penulis
Hari ketiga Festival Seni Ramadhan (FSR) di Makara Art Center dimeriahkan oleh para artis dari ILUNI (Ikalatan Alumni UI) yang mengekspresikan spirit religiusitas melalui seni musik. Mereka yang tampil adalah Payung Teduh, Aning Katamsi, Ikang Fauzi, Dwiki Dharmawan dan Sandy Sandoro.

Pagelaran Iluni Religi ini merupakan rangkaian dari event Fesival Seni Ramadhan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama bekerjasama dengan Universitas Indonesia. Penampilan para Alumni UI ini dibuka dengan penampilan Payung Teduh yang membawakan lima lagu secara berturut-turut. Suasana semakin hening ketika Aning Katamsi tampil menyanyikan lagu “Sujud” yang merupakan karya Pudjo Busono alumni FMIPA 80.

Suasana  berubah menjadi rileks ketika Ikang Fauzi tampil dengan lagu Salam Terakhir. Melalui lagu ini Ikang berhasil membawa penonton pada romantisme masa lalu. Suasana religius kembali terasa ketika Ikang membawakan lagu Assalamu’alaikum disusul dengan Sandi Sandoro yang menyanyikan lagu Lillahi Ta’ala kemudian dilanjutkan dengan Aning Katamsi menyenandungkan tembang “Taubat”. “Ramadhan adalah bulan ampunan, maka sudah selayaknya pada bulan ini kita memohon ampun pada Allah,” demikian Kata Dwiki mengomentari lagu Taubat yang dibawakan oleh Aning Katamsi.

Ekspresi religi Alumni UI malam itu tidak hanya diwujudkan dalam lagu tetapi juga lewat beberapa komposisi musik yang dimainkan oleh Dwiki Dharmawan dan para guru dari sekolah musik Al-Farabi. Mereka memainkan dua komposisi musik yang sangat kuat nuansa religiusitasnya yaitu “Spirit of Peace” dan “Arafura”. Pagelaran malam itu diakhiri dengan celebration All Artis yang menyanyikan lagu Dengan menyebut Nama Allah secara bersama-sama..

Suasana religus pada malam itu kembali terasa ketika pembawa Acara, Agus Idwar, mengajak seluruh pengisis acara dan hadirin yang ada di MAC berdoa bersama untuk almarhum Radhar Pancadahana, seorang seniman dan budayawan yang telah pulang ke rahmatullah beberapa hari yang lalu. Ekspresi religi ILUNI yang disampaikan lewat lagu malam itu telah membuat suasana ramadhan syiar namun tetap khusuk penuh makna.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF