Film Tjoet Nja' Dhien Kembali Tayang di Bioskop Tanah Air
berita
InfoTink
Foto Istimewa 19 May 2021 07:00
Penulis
Watyutink.com - Atas permintaan banyak pihak, film Tjoet Nja Dhien akan diputar kembali di bioskop tanah air. Penayangan dimulai tanggal 20 Mei 2021, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, di Jakarta dan direncanakan dilanjutkan dengan berbagai kota lainnya, seperti Surabaya, Semarang, Makasar, Medan dan sebagainya.

"Tjoet Nja' Dhien" disutradarai Erros Djarot dan dibintangi banyak bintang kenamaan seperti Christien Hakim, Slamet Rahardjo dan Piet Burnama. Film ini menyabet delapan Piala Citra pada Festival Film Indonesia (FFI) 1988 yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Erros Djarot), Pemeran Wanita Terbaik (Christine Hakim), Skenario Terbaik (Erros Djarot), Cerita Asli Terbaik (Erros Djarot), Tata Sinematografi Terbaik (George Kamarullah), Tata Artistik Terbaik (Benny Benhardi) dan Tata Musik Terbaik (Idris Sardi).

Film yang diedarkan 33 tahun silam itu kini sudah mengalami restorasi menyeluruh di Belanda. Format pita celuloid sudah ditransformasi ke DCP, sehingga gambar lebih jelas dan detail warna semakin tajam. Selain itu, durasi yang sebelumnya 130 menit dipangkas menjadi 106 menit karena berbagai pertimbangan teknis.

Film ini menceritakan perjuangan yang gigih seorang wanita asal Aceh dan teman-teman seperjuangannya melawan tentara Kerajaan Belanda yang menduduki Aceh. Perang antara rakyat Aceh dan tentara Kerajaan Belanda ini menjadi yang terlama dalam sejarah kolonial Hindia Belanda. Film ini tidak hanya menceritakan dilema-dilema yang dialami Tjoet Nja' Dhien sebagai seorang pemimpin, tetapi juga yang dialami oleh pihak tentara Kerajaan Belanda kala itu.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF