Alhamdulillah, Ibadah Haji 2021 Berjalan Aman Tanpa Penularan Covid-19
berita
Sumber Foto : watyutink/yusuf
24 July 2021 16:00
Watyutink.com - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah atau 2021 telah berjalan dengan lancar dan aman. Termasuk aman dari paparan virus corona atau Covid-19. Arab Saudi memastikan tidak laporan tentang penularan penyakit yang berawal dari Wuhan, China itu.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah, seperti dikutip dari kantor berita Saudi Press Agency (SPA), Kamis 22 Juli 2021 mengatakan keberhasilan pelaksanaan ibadah haji tahun ini tak lepas dari diterapkannya sistem terintergrasi fasilitas kesehatan di tempat-tempat suci.

Tawfiq menerangkan selama pelaksanaan ibadah haji, sejak dari kedatangan jamaah hingga puncaknya saat wukuf di Padang Arafah sudah dipersiapkan dengan baik. Otoritas Arab Saudi telah mempersiapkan ambulans yang dilengkapi dengan peralatan canggih serta tim profesional dan terlatih yang bekerja selama musim haji.

Tawfiq menambahkan, keberhasilan bebas dari penularan Covid-19 juga didukung dengan kebijakan pembatasan jumlah jamaah domestik selama musim haji tahun ini. Menurutnya keputusan membatasi hanya 60.000 orang berdampak nyata dalam menjaga kesehatan dan keselamatan jamaah selama pelaksanaan ibadah haji.

Semua sektor pemerintah menurut Tawfiq turut berpartisipasi dalam melayani jemaah. Hal ini sebagai bagian dari upaya besar untuk menerapkan rencana kesehatan haji. Selain itu juga demibmemastikan keselamatan jemaah dan mencegah penyebaran Covid-19.

Tahun ini adalah kedua kalinya pemerintah Arab Saudi menyelenggarakan prosesi ibadah haji di tengaj pandemi Covid-19. Jamaah yang diperbolehkan melaksanakan rukun Islam kelima itu hanyalah warga Arab Saudi dan warga negara asing yang sudah bermukim di negara pimpinan Raja Salman itu.

Arab Saudi hanya mengizinkan 60 ribu jamaah dari 500 ribu pelamar untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan ibadah haji 2021. Calon jamaah yang diizinkan harus dipastikan tidak terpapar Covid-19. Dibuktikan dengan hasil tes PCR dan mengantongi bukti sudah menjalani vaksinasi.

Sementara itu Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah melaporkan 327 warga negara Indonesia (WNI) ikut melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Konsul Haji, KJRI di Jeddah Endang Jumali dalam keterangannya, Sabtu 17 Juli 2021 mengatakan jamaah terdiri dari para diplomat, baik di Kedutaan Besar RI (KBRI) maupun KJRI. Selain itu juga Pekerja Migran Indonesia (PMI), mahasiswa dan sejumlah WNI lainnya yang sudah lama menetap di Saudi.

Semoga pelaksanaan ibadah haji dan umroh bisa segera normal kembali.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF