Arab Saudi Hapus Batas Maksimal Usia Jamaah Umroh 50 Tahun
berita
Suasana di Masjidil Haram. Sumber Foto : Twitter @HaramainInfo
28 November 2021 10:00
Watyutink.com - Pemerintah dikabarkan mencabut aturan batas maksimal usia jamaah umroh. Sebelumnya jamaah umroh dibatasi maksimal berusia 50 tahun. Sedangkan batas minimal masih berlaku, yakni 18 tahun. Jamaah berusia kurang dari 18 tahun masih dilarang melakukan ibadah umroh. 

Dikutip dari Saudi Gazette, Minggu 28 November 2021, aturan baru tersebut dikeluarkan menyusul kondisi penularan Covid-19 yang dirasa semakin menurun. Pencabutan aturan batas usia jamaah bukan hanya bagi umroh tapi juga untuk jamaah yang ingin sholat di Masjidil Haram di kota Mekkah dan Masjid Nabawi di kota Madinah.

Meski aturan usia maksimal dihapus, jamaah umroh tetap harus melakukan protokol kesehatan (prokes). Jamaah juga harus melakukan langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19. Jamaah juga harus memakai masker dan membuat reservasi untuk melakukan umroh dan sholat. Hal ini guna memverifikasi status imunisasi mereka di pintu masuk 2 Masjid Suci.

Saudi Gazette melaporkan aturan tersebut berlaku bagi jamaah umroh dari luar Arab Saudi. Untuk jamaah domestik dibatasi minimal berusia 12 tahun. Namun dengan syarat harus sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 lengkap atau 2 dosis. 

Selain pencabutan aturan usia maksimal, Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi juga meluncurkan layanan penerbitan izin umroh dan akses ke 2 masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Jamaah dari luar Arab Saudi bisa mengakses layanan melalui  aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna di smartphone jamaah.

Sebelumnya, pemerintah kerajaan pimpinan Raja Salman itu juga mengumumkan pencabutan larangan masuk bagi jamaah dari 6 negara. Dikutip dari akun twitter resmi pengelola 2 Masjid Suci, @HaramainInfo, Jumat 26 November 2021, keenam negara tersebut adalah Indonesia, Pakistan, India dan Mesir. 

Aturan tersebut berlaku efektif sejak 1 Desember 2021. Pencabutan larangan tersebut membuat jamaah dari 6 negara tersebut bisa masuk Arab Saudi tanpa terlebih dahulu melalui negara ketiga. Pencabutan larangan perjalanan terbaru, dinilai akan menjadi dorongan besar bagi arus masuk peziarah umroh asing selama periode mendatang, setelah jeda hampir dua tahun. 

Alhamdulillah, semoga tahun ini jamaah haji Indonesia juga bisa berangkat.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF