Diduga Terpapar Kabut Asap, Seorang Bayi Meninggal Dunia
berita
Sumber Foto : repubilka.co.id
16 September 2019 11:17
Watyutink.com – Elsa Pitaloka, seorang bayi berumur empat bulan asal Desa Talang Buluh, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan, meninggal dunia akibat menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Minggu (15/9/2019), setelah diduga terpapar asap tebal dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Elsa mengalami sesak nafas sejak hari Sabtu (14/9/2019). Elsa mengalami gagal pernapasan dan akhirnya meninggal dunia RS Ar-Rasyid Palembang. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin M. Hakim yang mendengar kabar tersebut segera melakukan pengecekan ke RS Ar-Rasyid.

Baca Juga

M. Hakim menjelaskan, Elsa didiagnosa terkena pneumonia. Penunomia merupakan infeksi yang menimbulkan peradangan pada kantong udara dan menyebabkan adanya cairan di paru-paru yang  bisa berisi nanah. Infeksi ini disebabkan karena menghirup udara yang tidak sehat serta mengandung partikel asap.

Menurut perangkat desa BPD Desa Talang Buluh Agus Darwanto, terdapat sekitar 800 kepala keluarga yang tinggal di desa tersebut dan semua terpapar kabut asap.

Harus menelan berapa korban lagi agar bisa serius menangani karhutla?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

FOLLOW US

Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja