Ditolak Negara Asalnya, Ratusan WNA China Justru 'Pulang' ke Surabaya dan Semarang
berita
WNA China gagal pulang kampung/Net Artikel ini telah tayang di Rmol.id dengan judul "", https://rmol.id/read/2020/04/05
06 April 2020 12:15
Watyutink.com – Sebanyak 208 warga negara asing (WNA) asal China tertahan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangeang, Banten. Mereka tidak bisa pulang lantaran ditolak oleh negara asalnya, China. Padahal 208 WNA itu sudah mencarter pesawat Garuda dengan nomor GA-8900 untuk membawa meraka pulangke Guangzhou, China pada Jumat (3/4/2020).

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, AKBP Adi Ferdian Saputra saat memberikan keterangan pada Minggu (5/4/2020) megatakan otoritas imigrasi China telah menolak kepulangan mereka ke Guangzhou. Akbatnya WNA China itu tidak bisa terbang dan masih tertahan di Bandara Soekarno-Hatta.

Itulah sebabnya saat ini pihak Garuda  tengah berkoodinasi dengan pihak agen yang memberangkatkan para WNA China tersebut. Adi menambahkan, Kedubes China di Jakarta juga membantu memberikan penjelasan terkait tertahannya 208 warganya.

Akibat tertahan dan tidak bisa pulang, ratusan WNA China itu kini ‘pulang’ ke tempat tinggalnya di Semarang, Jawa Tengah dan dan Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu Kasubag Humas Ditjen Imigrasi, Ahmad Nursaleh ratusan WNA China itu tidak bisa pulang ke negaranya karena cap keberangkatan dibatalkan. Saat memberikan keterangan pada Minggu (5/4/2020) Nursaleh meluruskan, ratusan WNA China itu bukan ditolak tapi keberangkatan ke negaranya dibatalkan.

Nursaleh menegaskan, jika secara prosedur tidak ada kendala seharusnya para WNA China itu bisa berangkat ke negaranya. Namun Nursaleh menyebut pihaknya tidak mengetahui kapan 208 WNA itu bakal berangkat pulang kampung ke China.

Kok mirip tong sampah ya, dibuang sama China justru ditampung oleh Indonesia!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF