Gibran Minta Pemerintah Pusat Prioritaskan Kota Solo Dapat Vaksin Covid-19
berita
Sumber Foto : Antara/ HO-Pemko Surakarta/ aa
03 March 2021 16:07
Watyutink.com - Wali Kota Surakarta atau Solo, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka meminta pemerintah pusat memberikan prioritas pemberiaj vaksin Covid-19 kepada warga di kotanya. Kota Solo menurut Gibran juga menopang daerah lain. Pasalnya warga luar kota yang sakit berobatnya di Solo yang fasilitasnya lebih baik.

Saat memberikan keterangan, Selasa 2 Maret 2021, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui pihaknya saat ini terkendala masih terbatasnya jumlah vaksin Covid-19. Gibran menuturkan dirinya sudaj menyampaikan permasalahan ini kepada pemerintah pusat.

Meski demikian, Gibran mengaku pihaknya  siap menerima berapapun jumlah vaksin yang dialokasikan pemerintah pusat ke Solo. Pengusaha martabak Markobar ini menyebut manajemen vaksi di Solo sudah cukup baik. Pemkot Surakarta memiliki cold storage yang cukup besar, sehingga siap menampung berapa pun vaksin yang dikirim.

Gibran menjelaskan penyebaran kasus Covid-19 di Solo sudah cukup terkendali. Hal ini seiring dengan upaya pencegahan yang terus dilakukan. Gibran menuturkan dirinya sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo guna membicarakan masalah program vaksinasi. Saat ini yang tengah dikebut adalah vaksinasi terhadap tenaga kesehatan dan aparat negara, termasuk anggota TNI dan Polri.

Hingga Senin 1 Maret 2021, jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Surakarta sebanyak 9.508 kasus. Dari total tersebut, jumlah pasien sembuh sebanyak 8.463 orang, menjalani isolasi mandiri 475 orang, perawatan rumah sakit 107 pasien. Sedangkan korban meninggal sebanyak 463 orang.

Ini permintaan sebagai wali kota atau putra presiden?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI