Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim, Gubernur Sebut Jokowi Pasti Masuk Surga
berita
Sumber Foto : kompas.com/ Ist
09 April 2021 16:05
Watyutink.com - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor mengaku yakin Presiden Joko Widodo pasti kelak bakal masuk surga. Pasalnya Jokowi telah memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kaltim. Pernyataan itu disampaikan saat Isran menyampaikan materi kuliah umum 'Potensi dan Keberlanjutan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur' yang digelar Sekolah Ilmu Lingkungan dan Sekolah Kajian Strategi dan Global (SIL dan SKSG) Universitas Indonesia, Rabu 7 April 2021.

Isran menyatakan telah menyampaikan secara langsung keyakinannya itu kepada Jokowi beberapa waktu lalu. Saat itu Jokowi menurut Isran terlihat keheranan. Namun Isran melanjutkan dengan mengatakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah berhasil mewujudkan sesuatu yang sudah direncanakam dua presiden sebelumnya, yakni Soekarno dan Soeharto.

Seperti diketahui, presiden pertama RI Soekarno berniat memindahkan ibu kota negara ke Palagkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Sedangkan presiden kedua RI Soeharto ingin ibu kota dipindah dari Jakarta ke Jonggol, Jawa Barat. Namun rencana kedua presiden tersebut tidak bisa terlaksana. Bahkan menurut Isran sampai keduanya meninggal dunia.

Itulah sebabnya, Isran mengatakan jika berhasil merealisasikan pemindahan ibu kota, Jokowi akan dikenang oleh anak bangsa ini sampai kapan pun. Jokowi bakal tercatat sebagai presiden dengan sebuah wujud karya besar kepala negara

Kepada peserta kuliah umum tersebut, Isran menjelaskan rencana pemindahan ibu kota tidak spontan. Rencana tersebut sudah dikaji dan dibahas sejak 2016. Hingga akhirnya pemerintah menetapkan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kaltim sebagai lokasi ibu kota baru.

Menurut Isran pemerintah bakal menganggarkan dana sebesar Rp466 triliun untuk merealisasikan pemindahan ibu kota dari Jakarta.

Sebelumnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa memastikan mega proyek pembangunan ibu kota baru tetap dilanjutkan pada tahun ini. Suharso menuturkan pembangunan sempat terkendala akibat pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020.

Sejak kapan syarat masuk surga adalah berhasil memindah ibu kota, aneh nih pak gubernur.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF