Jokowi Perpanjang PPKM Sampai 2 Agustus 2021, Makan di Warteg Hanya Boleh 20 Menit
berita
Sumber Foto : kompas.com
26 July 2021 07:00
Watyutink.com - Pemerintah secara resmi memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021. Keputusan tersebut diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers Minggu, 25 Juli 2021. Dalam kesempatan tersebut Jokowi mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat terhadap kebijakan PPKM.

Jokowi mengatakan kasus Covid-19 sudah menunjukkan tren penurunan. Hal yang sama dengan Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (RS), terutama di beberapa daerah di Jawa. Jokowi menambahkan keputusan memperpanjang PPKM Level 4 dilakukan dengan mempertimbangkan segala aspek seperti kesehatan dan sosial ekonomi.

Menurut Jokowi beberapa sektor tersebut bakal mengalami penyesuaian secara bertahap. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mencontohkan, pasar rakyat yang menjual kebutuhan pokok boleh buka hingga pukul 15.00 dengan menerapkan protokol kesehatan. Nantinya pemerintah daerah akan membuat aturan terkait hal itu. 

Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, juga dizinkan melayani pembeli hingga pukul 20.00. Namun pembeli hanya boleh makan di tempat selama maksimal 20 menit. 

Dalam aturan PPKM Level 4 yang baru, tempat-tempat usaha nonesensial lainnya juga diperbolehkan buka hingga pukul 21.00. Tempat usaha tersebut antara lain, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha-usaha kecil lain. 

Jokowi juga menyinggung soal pemberian bantuan sosial atau bansos. Mantan Wali Kota Surakarta ini menuturkan bansos akan diberikan guna mengurangi beban masyarakat akibat pandemi Covid-19. Pemerintah juga meningkatkan bantuan kepada masyarakat, baik berupa bansos maupun bantuan untuk usaha mikro kecil.

Jokowi menyebut penjelasan rinci terkait bansos akan disampaikan oleh menteri atau pejabat terkait. 

Jokowi juga menginstruksikan jajarannya meningkatan testing, tracing dan treatmen (3T) selama masa  perpanjangan PPKM level 4. Hal ini guna menekan laju penularan Covid-19. Ia juga mengimbau masyarakat tetap melakukan gerakan 3M, yakni menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan dengan sabun. 

Sampai kapan bakal terus diperpanjang pak? 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF