Jokowi Sebut Babi Panggang Makanan Khas Lebaran, Warganet Heboh
berita
Sumber Foto : pikiran-rakyat.com
08 May 2021 15:50
Watyutink.com - Jagat media sosial (medsos) dibuat heboh dengan video pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Pasalnya Jokowi dalam video yang menjadi viral itu menyebut Bipang Ambawang sebagai makanan khas lebaran. Padahal selama ini Bipang adalah singkatan dari Babi Panggang. Bipang Ambawang dikenal sebagai makanan dari Pontianak, Kalimantan Barat. 

Dalam video yang beredar di laman YouTube itu, sejatinya Jokowi berniat mengajak masyarakat untuk tidak mudik. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan 
karena masih dalam suasana pandemi pemerintah melarang mudik. Bagi warga yang rindu masakan atau kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh bisa memesannya secara online. 

Jokowi pun menyebutkan beberapa makanan khas daerah, seperti gudeg Jogja, bandeng Semarang, empek empek Palembang, serta bipang Ambawang Kalimantan. Menurut Jokowi makanan itu bisa dipesan dan akan segera sampai di rumah. 

Warganet pun langsung heboh dengan ucapan Jokowi tersebut. Penceramah Hilmi Firdausi melalui akun twitternya, @Hilmi28 meminta Jokowi mengklarifikasi pernyataannya tentang bipang. 

"Assalamu’alaikum Pak @jokowi, mhn diklarifikasi ttg oleh2 lebaran Bipang Ambawang karena itu adlh babi panggang yg jelas haram bagi muslim, apa lagi ini Idul Fitri hari raya ummat Islam, tdk elok rasanya. Apakah ini disengaja, atau karena bapak tdk tau? Tks atas jawabannya."

Pemilik akun @ZAEffendy menuliskan "Puluhan tahun hidup di Indonesia dan lewati suasana mudik lebaran ciri khas umat muslim jelang Idul Fitri, baru tahun ini, seorang Presiden promosikan Bipang Ambawang."

Pemilik akun @dappiduk menduga Jokowi tidak paham apa itu Bipang Ambawang. Menurut akun tersebut, mantan Wali Kota Solo itu hanya sekadar membaca teks tanpa mengerti apa isinya. Akibatnya ucapan Jokowi justru menjadi lelucon yang sungguh ironi. "Bipang kan babi panggang. Baca teks tapi ga memahami, gimana kebijakan negara?" 

Akun @tyanrhama menyindir menuliskam "The President of Indonesia endorsed a dish made of roasted pig for Eid al Fitr."

Hingha Sabtu 8 Mei 2021 pukul 11.45 WIB, terdapat sebanyak 11.000 cuitan terkait ucapan Jokowi. Umumnya menyayangkan pernyataan Jokowi yang seolah mempromosikan kuliner asal Kalimantan Barat itu. Bipang ambawang adalah makanan dengan bahan dasar daging babi muda. Selanjutnya dipanggang sampai empuk dan ditambahkan bumbu tradisional. 

Siapa nih yang bikin teks pidatonya? 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF