KPU Tegaskan Aksi Masa Tak Bisa Ubah Hasil Pemilu
berita

22 May 2019 14:00
Watyutink.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz mengatakan unjuk rasa yang dilakukan pada Rabu (22/5/2019) tidak akan mempengaruhi hasil Pemilu 2019. Pasalnya hasil rekapitulasi perolehan suara telah ditetapkan. Viryan menyebut dalam negara demokrasi, unjuk rasa hanya sekedar mekanisme penyampaian pendapat. Sehingga unjuk rasa tidak memiliki kekuatan hukum terhadap hasil Pemilu 2019.

Viryan menambahkan, mendapatkan keadilan dalam Pemilu tidak bisa diperoleh dengan melakukan aksi turun ke jalan. Itulah sebabnya Viryan menyayangkan terjadinya sejumlah kerusuhan menyusul pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019. Terlebih kerusahan yang terjadi menimbulkan korban jiwa.

Viryan menyarankan pihak yang keberatan dengan hasil Pemilu 2019 menggunakan jalur hukum dengan mengajukan guguatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Viryan, akan lebih tepat jika pihak-pihak tersebut mengawal proses gugatan agar melahirkan keputusan yang memiliki kekuatan hukum. Pasalnya keputusan MK yang memiliki kekuatan hukum bisa mempengaruhi hasil Pemilu 2019.

Itu sama saja KPU nggak menghargai suara rakyat dong!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Wajar Ada Ketidakpuasan Terkait Kinerja KKP             Hidupkan Lagi Direktorat Keselamatan Jalan             Masalah Klasik Pidana Penjara             Pelesiran Setya Novanto, Biasa Itu!             Kinerja Menkumham Benahi Lapas Tidak Memuaskan             Maskapai Asing, Investasi yang Buruk Bagi Ekonomi Nasional              Hilangnya Kompetisi di Pasar Penerbangan Domestik             Masalah pada Inefisiensi dan Pengkonsentrasian Pasar              SBY Harus Bisa Menenangkan              Lebih Baik Kongres 2020