Kapolri Perintahkan Jajarannya Tindak Tegas Pinjol yang Rugikan Masyarakat
berita
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sumber Foto : Dok. Polri
13 October 2021 14:35
Watyutink.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Praboeo memerintahkan jajarannya mengambil tindakan tegas terhadap perusahaan pinjaman online atau pinjol yang telah merugikan masyarakat. Dalam keterangannya, Selasa 12 Oktober 2021, Listyo menegaskan tindakan kejahatan yang dilakukan pinjol ilegal saat ini sudah sangat merugikan rakyat. Itulah sebabnya perlu langkah tegas dalam menanganinya, baik secara preemtif, preventif, hingga represif.

Listyo menjelaskan pelaku kejahatan pinjol seringkali menjerat korbannya dengan terlebih dahulu memberikan promosi atau tawaran menarik. Hal itu menyebabkan masyarakat tertarik dan memutuskan meminjam sejumlah uang di pinjol. Selanjutnya, bukan terbantu, masyarakat justru menjadi korban kejahatan yang dilakukan pinjol.

Itulah sebabnnya mantan Kabareskrim Polri ini menekankan pentingnya memberikan perlindungan kepada masyarakat. Caranya dengan memberikan penanganan dan tindakan terhadap perusahaan pinjol yang terbukti meresahkan dan merugikan masyarakat.  Terlebih disaat masyarakay sedang susah akibat dampak pandemi Covid-19, pinjol justru beraksi memanfaatkan kondisi tersebut. masyarakat yang mengalami penurunan ekonomi justru banyak menjadi korban aksi pinjol ilegal.

Listyo menambahkan pinjol ilegal juga merugikan masyarakat karena data diri korban bisa dimanfaatkan pelaku kejahatan. Terutama  jika korban terlambat membayar ataupun tidak bisa melunasi pinjamannya. Dalam beberapa kasus, menurut Listyo, sampai ada korban yang bunuh diri lantaran tidak mampu membayar bunga pinjaman yang mencekik.

Mantan Kapolda Banten ini menuturkan, berdasarkan catatan Polri hingga Oktober 2021 terdapat 370 laporan soal kejahatan pinjol. Dari jumlah itu, 91 di antaranya telah selesai, 278 proses penyelidikan, dan 3 tahap penyidikan. Itulah sebabnya Listyo meminta jajarannya melakukan berbagai langkah, seperti tindakan preemtif dengan cara memberikan edukasi, sosialisasi, dan literasi digital. Diharapkan cara ini membuat masyarakat menyadari bahaya pinjol ilegal.  

Listyo juga menekankan langkah preventif dengan melakukan patroli siber di media sosial. Cara ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga terkair. Cara ini guna membatasi ruang gerak transaksi keuangan dan penggunaan perangkat keras ilegal.

Sedangkan cara terakhir adalah represif atau penegakan hukum. Caranya dengan membentuk satuan tugas atau satgas yang khusus menangani kejahatan pinjol ilegal. Posko pinjol akan dibuka untuk menerima laporan dan pengaduan masyarakat. Selanjutnya aparat akan melakukan koordinasi serta asistensi dalam setiap penanganan perkara.

Sebelumnya saat menghindari pembukaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Virtual Innovation Day 2021, Senin 11 Oktober 2021 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku geram dengan pinjol ilegal. Jokowi menyatakan tindakan perusahaan pinjol ilegal yang menetapkan bunga pinjaman tinggi telah meresahkan masyarakat. Jokowi bahkan menyebut tindakan pinjol online adalah penipuan terhadap masyarakat, terutama kelas bawah.

Jokowi mengatakan sering mendapat informasi soal banyaknya penipuan dan tindak pidana akibat ulah pinjol ilegal. Masyarakat bawah yang terjerat utang dipaksa dengan berbagai cara untuk melunasi utangnya. Itulah sebabnya Jokowi berharap perkembangan digitalisasi harus dipercepat. Selain itu juga dijaga, dikawal ketat, dan sekaligus difasilitasi agar tumbuh secara sehat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan potensi Indonesia menjadi raksasa digital sangat besar.

Kayaknya sudah lama pinjol meresahkan, mengapa baru sekarang beri perintah pak?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF