Kecam Pernyataan Macron,  Kemenlu Panggil Dubes Prancis
berita
Sumber Foto : Dok. Kemlu RI
28 October 2020 16:45
Watyitink.com - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah menegaskan pemerintah Indonesia telah menyampaikan kecaman kepada pemerintah Prancis. Hal ini menyusul tindakan Presiden Emmanuel Macron yang membiarkan sebuah majalah di Prancis menerbitan ulang karikatur Nabi Muhammad SAW. Tindakan itu dinilai sebagai penghinaan terhadap umat Islam. 

Kecaman disampaikan saat Kemenlu memanggil Duta Besar Prancis untuk Indonesia Oliver Chambard, Selasa 27 Oktober 2020. Saat memberikan keterangan di hari yang sama, Faizasyah menjelaskan, selain menyampaikan kecam, pamanggilan Oliver guna menegaskan sikap pemerintah Indonesia terhadap peristiwa yang menghebohkan itu. 

Sebelumnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan Islam adalah agama yang mengalami krisis di seluruh dunia. Pernyataan itu disampaikan dalam upacara memperingati kematian seorang guru yang tewas akibat kepalanya dipenggal, Jumat 23 Oktober 2020. Peristiwa itu sebagai buntut penerbitan kartun karikatur Nabi Muhammad SAW. 

Tindakan Macron tak pelak menuai kecaman dari hampir semua negara Islam. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan balik menyebut Macron perlu perawatan mental. Turki juga memanggil pulang duta besarnya dari Paris. Negara lain seperti Kuwait, Qatar, Arab Saudi, dan Pakistan menyerukan boikot produk Prancis. 

Kenapa bukan Pak Jokowi yang secara langsung menyampaikan kecaman? 

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF