Kemenag Sidang Isbat 11 Mei 2021, Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 13 Mei 2021
berita
Sumberfoto: cnnindonesia.com
10 May 2021 14:40
Watyutink.com – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menerapkan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijiriah atau 2021 bertepatan dengan Kamis 13 Mei 2021. Keputusan ini terutang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah. Saat memberikan keterangan melalui sambungan virtual, Senin 10 Mei 2021, Sekertaris PP Muhammadiyah Agung Danarto mengatakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini dirayakan umat Islam masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Itulah sebabnya menurut Agung, PP Muhamamdiyah meminta umat Islam selalu berikhtiar mencegah penuralaran Covid-19. Terlebih kurva penularan Covid-19 sampai saat ini belum melandai. Sehingga upaya melindungi diri, keluarga dan lingkungan sekitar dari paparan virus corona atau Covid-19 harus terus digalakkan.    

Agung menambahkan PP Muhammadiyah telah mengeluarkan sejumlah anjuran dalam beribadah, baik selama bulan Ramadhan maupun saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Bagi umat Islam yang tinggal di wilayah dengan kasus penularan Covid-19 yang masih belum membaik atau zona merah, PP Muhammadiyah menganjurkan agar melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah masing-masing. Anjuran ini menurut Agung sebagai langkah ikhtiar mengakhiri pandemi Covid-19.

Sedangkan umat Islam yang tinggal di wailayah dengan zona hijau atau aman, dipersilahkan mengadakan sholat Idul Fitri secara berjamaah. Namun dianjurkan dilaksanakan di tempat terbuka seperti lapangan. Selain itu jamaah harus tetap menaati protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjagajarak dan mencuci tangah. Shaf atau barisan sholat harus diatur agar tidak terlalu berdekatan antar jamaah.

Sementara itu Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan akan menggelar sidang isbat pada Selasa 11 Mei 2021 atau bertepatan dengan 29 Ramadhan 1442 Hijiriah. Sidang isbat dilaksanakan guna menentukan kapan 1 Syawal 1442 Hijiriah.

Dirjen Bimas Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin dalam keterangannya Rabu 5 Mei 2021 mengatakan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin langsung pelaksanaan sidang isbat. Terkait masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Kamaruddin menyatakan sidang isbat dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

Itulah sebabnya sidang isbat akan pula dilaksanakan secara online. Menurut Kamaruddin, panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan baik untuk peserta sidang maupun media lantaran peliputan akan dilakukan secara terbatas. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas

Semoga tidak ada perbedaan dan Idul Fitri bisa dirayakan bersamaan.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF