Larang Takbir Keliling di Jalanan, Menag: Kalau di Masjid atau Mushola Boleh
berita
Sumber Foto : Instagram
20 April 2021 10:45
Watyutink.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan siaran pers terkait aturan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021. Dalam pengumuman yang disampaikan pada Senin 19 April 2021, Yaqut menegaskan kembali keputusan pemerintah melarang mudik pada Lebaran tahun ini. 

Yaqut menandaskan pelarangan mudik dilakukan demi melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Pasalnya sampai saat ini pandemi wabah penyakit asal Wuhan, China itu masih belum reda. Selain itu pelarangan mudik menurut Yaqut juga memiliki dasar secara hukum agama.

Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor ini menyatakan dalam agama, mudik hukumnya paling tinggi adalah sunnah. Sedangkan melindungi kesehatan keluarga dan lingkungan hukumnya wajib. Yaqut menegaskan wajib lebih tinggi dari sunnah. Jangan sampai karena mengejar sunnah justru menggugurkan yang wajib. Hal semacam itu menurut Yaqut tidak ada dalam agama. 

Yaqut menambahkan pelaksanaan sholat tarawih dan i'tikaf masih diperkanankan. Namun hal itu melihat kondisi masjid atau mushola tempat dilaksanakannya sholat tarawih. 

Sedangkan untuk pelaksanaan malam takbiran politisi PKB ini mengimbau agar dilaksanakan di masjid atau mushola saja. Yakut meminta takbiran tidak dilakukan di jalanan atau takbir keliling. Pasalnya takbiran keliling akan menimbulkan kerumunan yang berpotensi menjadi media penularan Covid-19. 

Ada sanksinya nggak pak?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF